UPDATED: Kenapa Orang Indonesia Terobsesi Mount Elizabeth Hospital

Pertama-tama, saya minta maaf untuk rekan2 pembaca yang komen-nya belum saya jawab akhir2 ini. Awal tahun ini Bapak saya didiagnosa kanker dan saya ikut mendampingi selama pengobatan, sambil kerja, sambil mengurus anak kecil, jadi jarang sekali ngecek blog. Tapi puji Tuhan Bapak saya sekarang sudah sembuh, dan saya sudah berhenti kerja, jadi mudah2an komen tidak pake lama lagi respon-nya.

Enam tahun lebih tinggal di Singapura, saya jadi sering ditanyai teman dan saudara tentang dokter-dokter spesialis yang bagus untuk second opinion. Karena nganggur, saya jadi sering iseng-iseng browsing di internet, tanya-tanya teman yang sudah tinggal lama di Singapur, telpon-telpon klinik, sampai dateng ke klinik untuk cari informasi mulai dari ahli bedah gigi, dokter kandungan, biaya rawat inap, sampai oncologist.

Rekomendasi dari teman-teman di Singapura bervariasi, dari dokter di klinik dan RS privat (seperti Thomson, Camden, Gleneagles) sampai dokter rumah sakit pemerintah (seperti NUH, SGH).

Herannya, hampir semua teman dari Indonesia akhirnya memutuskan untuk tetap pergi ke rumah sakit yang “menurut mereka” maha oke dan maha bisa: Mount E.

Padahal, ada banyak hal tentang Mount E yang membuat saya (dan banyak orang lain di Singapura) agak2 ngeri ama Mount E:

1. MAHAL JO!!!!! – Baru kemarin saya membandingkan biaya operasi dan rawat inap antara Mount E dan National University Hospital (NUH). Biaya operasi full knee-cap replacement (operasi u/ mengganti tempurung lutut) termasuk rawat inap seminggu di Mount E sekitar $50,000 all inclusive dengan kondisi 1 kamar 2 pasien. Dari biaya ini, S$30,000 adalah u/ biaya profesional (atawa biaya dokternya doang….). Di NUH, biaya untuk operasi yang sama + rawat inap seminggu hanya sekitar $22,000, di kamar yang tidak sharing dengan orang lain.

And anda mungkin berpikir, “Ya beda laaah …. RS pemerintah dan RS swasta khan seperti membandingkan RSCM dengan Graha Medika ….”

Which brings me to #2:

2. RS Pemerintah Singapur gak nelangsa seperti RS pemerintah Indonesia. Berkali-kali saya datang ke Mount E, RS ini ga lebih perlente dari RSCM. Gedungnya lama, ga pernah ada tempat parkir, menu makanan terbatas (saya pernah nungguin tante saya dirawat disana, dan menu-nya diulang tiap 3-4 hari. Kasian tante saya bosen ngeliat makanan yang sama, akhirnya saya selalu beliin makanan diluar). Dari kamar pasien ke tempat dokternya, saya harus turun ke lobi dari gedung pertama, lalu pindah gedung, lalu naik lift lain ke klinik dokternya. Ini kalo kita ga salah naik lift … beda lift, anda bisa nyasar ga tau di klinik siapa …. Sementara teman saya yang pernah berobat di Singapore General Hospital, Camden Medical Clinic and National University Hospital bilang, “NUH ga ada yang ngalahin. Efisien, rapi, kemana-mana gampang. Mau jemput di MRT station pula!”

3. Dokter di RS Pemerintah justru rajin riset. Hal ini saya perhatikan terutama di dokter2 NUH, karena banyak dari senior doctors mereka adalah dosen di National University Singapore Faculty of Medicine. Teknologi, metode diagnosa dan teknik pengobatan mereka justru dijadikan acuan oleh dokter-dokter rumah sakit swasta di Singapur. After all, banyak dokter di rumah-rumah sakit swasta itu justru murid dari dokter-dokter RS pemerintah (khan dokter swasta sibuk layanin pasien Indonesia, ga sempet riset deeeehhhh …. :-) . Lagipula, pemerintah Singapura sadar bahwa medical science adalah salah satu kekuatan mereka, karenanya mereka benar-benar invest di infrastruktur, tenaga profesional dan fasilitas rumah sakit mereka. Rumah-rumah sakit swasta, tentunya, tidak termasuk dalam program pemerintah ini …

And saya ngerti kalau rekomendasi teman sangat berpengaruh dalam keputusan orang u/ memilih satu dokter dibanding dokter lain. Jadi, kalau si A recommend Dr. Billy di Mount E ke temannya, lalu temannya akhirnya dateng ke Dr. Billy u/ kasus medis yang sama, wajar lah. Tapi yang saya ga ngerti, walaupun ga ada personal recommendation, kok ya tetep milihnya ke Mount E … padahal ga tahu persis dokter mana yang bagus…. taunya cuma “Kata teman/saudara/tante/om, Mount E oke!”

Setelah membanding2kan plus and minus dokter swasta dan pemerintah di Singapur (karena, pikirnya, saya mau nolong temen2 yang cari informasi), saya jadi berpikir, “Kalau dari awal emang niatnya ke Mount E, trus ngapain minta tolong cari info ya? Ya langsung telpon aja dokter terserah di Mount E, langsung bikin appointment ….” :-)

Apa mungkin karena Mount E lokasinya di Orchard ya, jadi cari hotel & shopping gampang? Tapi kalo gini berarti namanya bukan berobat dong, tapi pelesir :-)

Catatan tambahan dari saya (please read sebelum nulis comment!!! :-)

1. Saya belum tentu cek komen tiap hari, karenanya supaya informasi untuk anda tidak tertunda, saya usulkan untuk browsing di beberapa website RS Singapura seperti http://www.nuh.com.sg, http://www.sgh.com.sg, http://www.ttsh.com.sg, atau Google Search “National Healthcare Group” untuk info awal. Atau cek komen2 lama … ada beberapa representatif RS2 Singapura yang suka komen di blog saya.

2. Karena banyaknya comment dari teman-teman yang minta informasi (plus terbatasnya space saya di wordpress), saya menghapus comments dari temen2 yang sudah saya jawab baik via wordpress, YM ataupun e-mail. Ini sekaligus u/ mengingatkan saya, comment2 mana yang masih perlu saya tanggapi. Karenanya, kalau Anda kirim comment, pastikan Anda mampir ke blog saya lagi tidak lebih dari 2 minggu sesudahnya. Jangan sampai saya sudah jawab, tapi karena Anda tidak cek blog saya, comment Anda beserta jawaban saya kadung kehapus … khan sayang :-)

3. INI PENTING BANGET!!!! Kalau temen2 mau tanya informasi dokter atau RS yang recommended di Singapur, mohon informasikan kondisi anda, diagnosa dokter di Indonesia (kalau ada), jenis pengobatan yang disarankan dan sedang dijalani, dan jenis dokter yang anda cari di Singapura. Kalau pertanyaannya hanya, “Dokter bedah mana yang bagus di Singapur?” Saya mau bantu bingung. Tapi kalau anda menulis (misalnya) anda didiagnosa slipped disc, nyerinya sudah menahun, dan mau cari dokter bedah ortopedis, saya jadi lebih mudah cari infonya :-)

4. Saya harap anda juga berupaya dapat info dari internet. Hampir semua saran yang saya berikan, saya dapat dari website rumah2 sakit pemerintah. Anda tinggal search NUH, KKH, SGH, TTSH, CGH, dan Google akan langsung me-refer anda ke website rumah sakitnya. Profil dokter, contact details, fasilitas RS, kadang2 sampai biaya pun, tersedia di website-nya. Ini akan lebih cepat daripada menunggu respon dari saya yang. Bukannya saya nggak mau nyariin info-nya, tapi saya justru prihatin kalau ada orang yang sakit dan buru2 ingin second opinion tapi malah tertunda cuma gara2 saya belum sempat approve comment atau belum sempat reply. :-)

193 responses to “UPDATED: Kenapa Orang Indonesia Terobsesi Mount Elizabeth Hospital

  1. Hai elinski mba atau apa nih ya
    Saya didit (20 tahun)
    Saya pengen rekomendasi tau rs singapura yang punya department plastic surgery khusus untuk rhinoplasty dan facelift yang tidak susah untuk dijangkau tempatnya,serta profile dokter ahli plastic surgery yg bagus, yg elinski tau dan harga operasinya relatif murah atau terjangkau
    Bisa kasih tau? Soalnya hidung saya pesek karna kclakaan bbrp tahun lalu,saya jadi kurang pede karna serng diejek orang :(
    Meski saya sudah berusaha tidak hiraukan org sekitar yang mengejek saya,tapi lama klamaan saya sdikit terganggu saya ingin membenahinya,tlg ya elinski

  2. Hi Mba Elinski,

    Im so glad to find your blog..
    Mba, anakku (3thn) mengalami gangguan bicara….dia cerewet bgt, tp utk huruf tertentu ada yg gagal terutama huruf mati spt R dan P, shg kl bicara spt org sumbing dan bindeng…
    Dr umur 2thn aku uda curiga n tanya ke pediatriknya….krn anakku alergynya cukup tinggi dokternye blg memang biasa terjadi kasus spt ini di anak2 alergi nanti jg sembuh sendiri…

    Tp sampe umur 3thn kok ga ada perubahan mknya kmrn aku bawa ke THT…n mnrt dokternya ditenggorokan dia ada lubang kecil yg merupakan kelainan dr lahir…itu yg membuat dia susah menyebut beberapa huruf mati, krn msh ada angin msk….
    Dokternya kasi saran utk dioperasi spy lubang tsb ketutup, tp sblmnya aku dirujuk ke RS ya lbh besar utk BERA (rekam telinga), krn dokternya mau tau apakah ada yg rusak dipendengarannya (mnrt dokternya saluran itu amat sangat berhubungan shg ditakutkan kerusakannya bersambung)…

    Aku mau coba cari 2nd opinion dulu mba sblm decide utk operasi….ga tega rasanya ngeliat anak 3thn hrs dioperasi apalg kl ngebayangin paska operasinya….

    Ada rekomendasi kmn yg bagus ga ya mba?….Dan kira2 biaya utk konsultasinya brapa kl dising?

    Thx bgt ya mba
    -eta-

    • @ Eta: apakah anak anda sudah dioperasi atau dapat second opinion? Maaf reply saya lama sekali karena saya juga nggak konsen nge-blog karena kerja plus mengurus Bapak yg kena kanker. Kalau anda masih mau bahas ini, please balas comment saya. Semoga kondisi anak anda sudah jauh membaik.

    • maaf saya lancang ikut menjawab. adik saya dari bayi ngalami yang lebih parah dari itu(minum susu selalu keluar dari hidung) dan sudah dioperasi beberapa kali sejak bayi. saat remaja dan sebelum menikah dioperasi lagi 2x di singapura dan di penang (karena makan makanan tertentu sering masuk hidung dan juga bindeng jadi tidak pede disuruh byk bicara) tapi kedua operasi itu tidak pernah berhasil membuat suara bindengnya sembuh malah membuat nafasnya sesak dan susah menelan makanan.mau diulang diperbaiki oleh dokter yang sama uda trauma.akhirnya dapat rekomendasi dari seorang dokter THT di mount E katanya dokter terbaik dalam kasus adik saya adalah dokter vincent yauw. akhirnya adik saya konsultasi dan operasi dengan dokter vincent yauw di KK hospital singapura. dia spesialis rekonstruksi cleft pallate. sekarang nafasnya tidak sesak lagi tapi suara tetep bindeng dikit.dan adik saya akhirnya lebih pede bicara karena dia uda trauma operasi berkali-kali. kalau cuma konsultasi tidak ada salahnya ke dokter vincent yauw. ini menurut saya pribadi (karena saya bukan dokter dan tidak tau jelas kondisi anak mbak) : kalau tidak ada keluhan nafas dan makan dan bicaranya cukup jelas tuk dimengerti lebih baik cari solusi meningkatkan kepercayaan diri anak mbak daripada operasi. Semoga Tuhan yang adalah dokter diatas semua dokter memberi hikmat dan jalan terbaik buat anak mbak,

  3. Malam, sy desy mau tanya tentang msalah hidung yg selalu mampet dan ada pembengkokan tulang hidung yg harus di operasi,,, ada gag rumah sakit di spore yg canggih bisa atasi mslah sy tanpa operasi anestesi umum

  4. Kepala saya hampir tiap hari sakit ,disamping migrain menstruasi.dokter di surabaya sdh saya kunjungi tdk ada yg mengetahui penyakit kepala saya termasuk 3 dokter di singapore.tolong referensinya dokter kepala yg bgs dan spesialis di kepala.btw saya sdh pernah mri di s’pore jg.thanks alot

    • @ Ersye: sorry agak lama baru approve, karena sekarang tidak tiap hari saya cek blog saya. So far apa kata dokter2 tentang penyebab sakit kepala anda? Bila dokter2 diagnosanya tidak konklusif, saran saya adalah u/ coba cek ke (1) Dokter gigi – infeksi gigi / gigi berlubang bisa menyebabkan sakit kepala berkepanjangan. (2) Chiropractor / fisioterapis – sakit kepala bisa disebabkan oleh postur tubuh yang salah, buruknya sirkulasi darah karena jarang olahraga, atau otot2 pundak/leher/punggung yang tegang (3) Ahli akupunktur – terapi mereka bisa memperbaiki sirkulasi darah dan menstimulasi otot2 tegang

  5. Oh ya dokter ginjal di s’pore yg ok dan kalau mau medical check up yg bgs di mn.thanks alot

    • @ Ersye: kasus ginjalnya ini kenapa ya? Banyak dokter spesialis ginjal di singapur, tapi khan macem2 juga subspesialisasinya. Mungkin lebih baik tanya Singmedic (silakan browse komen2 lama … ada nomor telpon dan e-mailnya) karena mereka punya dokter in house yang bisa berikan rekomendasi berdasarkan diagnosa dan hasil2 tes yang sudah anda lakukan di Indonesia.

  6. Siang dan maaf ngrepotin,mau nambahin sakit kepala saya sdh hampir 6 thn.dokter sby hanya satu yg lumayan manjur krn dia menyuntik kepala dan leher saya ditambah di lengan.tp saya pikir tdk baik bila saya suntik terus walau dgn obat.thanks bangeet…saya berharap besar dan merasa terbantu dgn adanya blog anda…

    • @ Ersye: saya juga penderita sakit kepala berkepanjangan. Boleh saya tahu penyebab sakit kepala Mbak, dan dokter Mbak Ersye menyuntikkan apa ke kepala, leher dan lengan? I just hope it’s not steroid or botox.

      Saya juga sering sakit kepala berkepanjangan, dan ternyata penyebabnya adalah postur tubuh yg jelek, mata kelelahan karena kerja komputer seharian, dan otot2 di leher, pundak dan punggung yang kaku karena jarang digerakkan. Kombinasi dari fisioterapi, akupunktur, olahraga dan jaga postur akhirnya jadi solusi yang lebih permanen bagi saya daripada obat.

  7. malam, mau nanya ni,,,biaya untuk operasi sinusitis kira2 berapa tuh ya,,saya sydah mengalami gangguan sinusitis kira2 12 tahun lebih

    • Hi Candra, operasi sinus biayanya tergantung dari kompleksitas kasusnya, dimana operasi dilakukan, siapa dokternya, dan mana rumah sakitnya. Bisa lebih spesifik pertanyaannya?

  8. @ Ira: bs lihat bbrp comment saya tentang penanganan u/ jerawat. Dokter kulit Singapura tidak lebih canggih dari dokter Indo kalo soal jerawat …

  9. siang… adik saya punya keluhan dikaki sebelah kanan baal, dicubit sampai ditusuk pun tdk terasa. kami sdah melakukan pengecekan MRI dan EMG. tk hasil diagnosa MRI normal dan hasil EMG penyempitan dan robekan selubung saraf. tk obat yg sudah disarankan sdah berjalan 2 bulan, tp belum ada perubahan.
    mohon saran nya untuk pengobatan yang baik lagi.

  10. mbak elinski orang tua saya di diagnosa mengalami “cavernoma” minta saran kalau k singapura menemui siapa?

  11. Dear elinski,
    Papi ku udah sakit kira-kira hampir 2 bulan sejak awal tahun ini.. Diagnosa dokter berhubungan dengan infeksi yang mempengaruhi otak kecil (bikin mual n pusing).. tapi setelah ditelusuri mulai dari MRI, torax, cairan sumsum tulang belakang, sampai kultur jamur masih belum diketahui bakteri atau virusnya.. Mohon bantuan referensi dokter Syaraf yang bagus di Singapore..

  12. Mbak, kalau ke Jakarta bisa coba ke klinik akupuntur Centrum di Rukan Patal Senanyan dengan dokter Lily Atmodjo. Hanya mesti daftar jauh jauh hari karena pasiennya banyak sekali.

  13. Saya memiliki penyakit pectus carinatum (pc) atau pigeon chest. Saya ingin menghilangkan penyakit pectus carinatum milik saya. Saya telah mendapatkan informasi tempat-tempat yang bagus s’pore. Tapi, sampai sekarang saya masih bingung untuk menyembuhkan penyakit saya ini di rumah sakit NUH atau SingHealth. Karena kedua rumah sakit ini bagus menurut penilaian saya. Menurut anda, siapa dokter dan dimana rumah sakit yang bagus dan berpengalaman untuk penyakit saya? Mohon bantuannya…

    Thank you for your time and attentions.

  14. Sy ingin melakukan operasi miom (cukup besar sekitar 20 cm) dokter miom mana yg bagus di singapur? Thanks ya

  15. Mbak, suami saya menderita penyakit kanker paru2 stadium 2-3 baiknya operasi yg bagus d sg dmana ya?ad rekomendasi rs dan dokter yg bagus? Dlm wkt dekat ini mw pergi ke sg u/ berobat.thx

  16. Di Semarang ada dokter kulit yg bagus, namanya Dokter Joko Sri, prakteknya di Ungaran, dan juga praktek di Rumah Sakit Elizabeth Semarang.

  17. Jangan cepat cepat memutuskan untuk dioperasi. Pikir pikir dulu sebelum memutuskan untuk dioperasi, apalagi kalau ada resikonya. Di Semarang ada dokter THT bagus namanya Dr. Wiratno praktek di Tentara Pelajar (Mrican) Semarang dan Rumah Sakit Elizabeth Semarang. Dan / atau 2nd option, Prof. Li Fu Min di IAG Paragon Medical Paragon Mall level 7 Singapore. Semoga Mbak sembuh dan nggak dioperasi.

  18. Saya setuju dengan pendapat Mbak Elinski. Kalau bisa tidak dioperasi mending tidak dioperasi, karena operasi ada resikonya, dan apakah setelah dioperasi rasanya akan sama seperti sebelum di operasi??? Itu tergantung dokternya dan teknologinya dan juga nasib, untung untungan. Kalau terpaksa harus dioperasi, cari dokter yang benar benar pintar. Di Singapore General Hospital, Dr. Tan Seang Beng baik dan pintar. Dr. Oh Kim Soon di Islan Hospital Penang baik dan pintar. Kalau ada budget DR.Dr. Robert S Bray di Marina Del Rey, California hebat, jago banget. Kalau in general Baylor School of Medicine Houstan, Texas, kampus terbesar untuk operasi spine. Robert S Bray lulusan Baylor. Tan Seang Beng juga pernah study di Baylor. Tapi Mbak juga tanya tanya orang lain, jangan cuma percaya omongan saya saja.
    Di Jakarta ada East West Center, Dharmawangsa Mall, untuk Chiropracter, yg bagus Janet orang Australia, tapi agak mahal.

  19. Mbk sy mau nanya dokter specialis kandungan di sgh yg bagus siapa ya? Sy baru 1 minggu dikuret krn kandungan tdk berkembang atau bo di usia 8w, sy mau konsult k sg krn krg puas dgn hasil checkup di jkt yg awalny sy di vonis miom tp stlh 4 w perut mlai mual dan muntah trnyta sy hamil dan hsil usg trnyta yg awalnya diagnosa miom trnyta itu kantong kandungan. Mhn bantuan rekomendasinya ya mbk, tq

  20. Dear mbak Elinski

    Sy mau tanya untuk operasi di Mount Alverina apakah bagus? Karena mama saya didiagnosa di ME breast cancer std 1 dan harus sgra dioperasi. Namun harga ME sangat sangat sangat mahal. Tks

  21. salam kenal, tks for all info about RS di Sin, sebelum baca tulisan ini,saya tadinya mau konsultasi ke dr di Mt.Elizabeth, akhirnya setelah baca tulisan ini, saya konsul ke NUH ketemu dr Su Lin lin..bener2 sangat memuaskan pelayanannya..semua detail dan jelas, dokter memeriksa dan menjawab setiap pertanyaan dengan teliti dan sabar, mengenai biaya konsultasi dan tindakan rata2 separuh di mt elizabeth..unt konsultasi di hari pertama S$102, hari berikutnya S$86, biaya2 lainnya spt papsmear,usg,biopsy, hampir sama dng RS di jkt, tapi dengan pelayanan dan penjelasan jauh lebih memuaskan..overall saya mulai paham kenapa orang jkt mulai pada berobat kesana and NUH very recomended

  22. Anak saya lahir dengan kekurangan anus nya tidak ada, dan telah di operasi colostomy ( Dibuat diperut)
    Mohon informasi nya berapa kali operasi nya sampai bayi kami normal.
    Kata dokter di pekanbaru,(Indonesia) dua kali operasi lagi

    Saya ingin membawa anak saya untuk operasi di hospital malaka.

    Mohon informasi berapa perkiraan biaya operasi anak saya tersebut.

    Mohon penjelasan dan informasi nya,

  23. hi elinski … back again .. need your kind help ! keponakanku 09yo pernah operasi di mata kaki sebelah kiri karena ada tumor jinak dan sekarang tumor itu tumbuh lagi membesar (2013) . Kira2 untuk operasi di singapore , untuk penyakit ini (sugestif lesi malignant residif) … nahh. di rumah sakit mana , dokter nya siapa, yg best untuk dibidang ni .. yang biayanya terjangaku .. tidak serta kira 2 butuh biaaya berapa yaa…
    makasihhhhh

  24. Saya mau tanya apa ada yg tau dokter saraf yg bagus di Singapore??krn Mama saya sakit stroke dan sempat koma..kata dokter kena bakteri atau virus saraf otak nya..Jadi memori nya selama 5 tahun terakhir hilang dan mama saya tdk bisa mengingat kata kata..selalu lupam.kata dokter hrs sabar krn lama sembuh nya..Tp pernah ketemu orang kata nya di suruh bawa ke singapore aja…kata orang orang sakit mama saya spt yg dialami artis Ashanty..tp beda nya mama saya sempat koma..Saya mohon info nya ya tentang dokter yg bisa direkomendasikan buat penyakit mama saya..ato bisa hubungi saya di 081359423234..nama saya Pahala..thx..

    • Kalau Neurologist, ada yg bilang Timothy Lee di Glenagles Singapore bagus. Ada yg bilang Dr. Martinus di RS Elizabeth Semarang bagus. Ada yg bilang Dokter Sofyan di Surabaya bagus. Kalau stroke dengar dengar di Guangzhou China ada yg bagus, tapi saya nggak tahu rumah sakitnya dan nama dokternya. Banyak yg sembuh disana. Lalu ada yg pakai therapy tusuk jarum.

  25. mbak saya mau cari dokter anak di singapura yang pas untuk anak saya,
    keluhannya.
    anak saya laki2 umur 1,4 tahun, saat umur 4 bulan pernah step 1 kali, dah konsul ke salah satu dokter spes neurologi anak di medan menurut beliau delay motorik dan sudah di MRI, dokter tsb menyarankan untuk trus trafi…
    tpi sampe skrang anak saya belum ada perubahan.
    kondisi saat ini.anak saya belum bisa mengenal ibu/bapak ato benda lainnya, bicara, telungkup, memegang, dan pandangan mata tidak fokus, banyak gerakan badan yg berlebihan, mohon info n rekom nya mbak, tks

    • Dear Elinski,,,anak saya sdh 4thn, 5bulan,,,anak saya ini yg sulung, sejak lahir tidak ada keluhan apa2, lahirnya normal sehat2. Tapi saat usianya pas 1thn, pernah telinganya berdarah. Tapi darahnya cuma sedikit cuma 2 tetes bgtu, itu terjadi saat dia tidur malam.,dan kami baru menyadarinya saat posisi tidurnya berbalik arah. Terlihat ada tetes darah di bantal, dan di telinganya darahnya sudah kering. Saat itu blm ada tanda2 klo itu berakibat terganggunya pendengaran anak saya. Responya juga bagus,,malah dia pintar dan cpt menghafal lagu2 yg dia dengar dri dvd player. Tapi, seiring berjalan wkt, kami mulai curiga, saat usianya 3thn dia suka main bisik2an,,tiap di bisik dia tidk mau ngasih telinga kirinya,,katanya tdk bisa dgr..dan kami mulai test lwt tlp,,klo dia angkat pake telinga kanan bisa menjawab pertanyaan, tapi klo disuruh pake telinga kiri tdk bisa, dia selalu bilg “tdk dgr, hrs pake sebelah kanan”.. Pernah ke dr. THT,,tpi kata dokter tdk ada masalah dgn telinganya, cuma sempat di bersihkan pake semprotan air keluar kotoran sebesar kacang hijau…tidk dilakukan pemeriksaan yg detail,,alatnya juga tdk bisa dilihat sampe ke dlm2 telinga.

      Juga ada perubahan dgn kotoran telinganya,,klo wkt usia 0-2thn kotorannya seperti biasa agak lengket/basah wrna agak orange tua ato klo sedikit wrn di cottonbud itu cuma kekuningan gtu…tapi skrg dri usia sekitar 3thn itu kotoran telinganya jdi Kering, wrnanya putih agak kuning, dan tdk lengket di cottonbud, berpasir bgtu… Sangat beda dgn kotoran telinga adenya yg seperti biasanya..

      Yg mau saya tanyakan, apakah telinga anak saya mengalami kerusakan permanen? Apakah di spore ada dr THT anak2 yg biasa menangani gejala dan keluhan yg sama? Apakah ada kemungkinan telinga sebelahnya juga ikut rusak apabila kami hanya mengambil alternatif memakai alat bantu dgr? Dan apakah itu bisa mempengaruhi kosentrasi anak saya di skul? Dri cara bicaranya tdk ada tanda2 seperti org tuli pada umumnya,,dia cerewet, pintar di skul.

      Mohon replay ya,,I’m waiting hopely. Thanks b’fore. GBU.

    • di MRI APA HASILNYA PAK?
      ANAK SAYA SEKARANG USIA 6 BLN LEBIH JUGA SEPERTI ITU,,TP DIA KARENA KEJANG EPILEPSI DAN DIAGNOSA DOKTER SPASME INFANTILE SYMTOMATIK.
      Dear Elinski
      Kalau untuk pengobatan / konsultasi spasme infantil symtomatik dr.singapura yg bagus siapa y?

      Thanks
      silvia

  26. Dear Elinski,

    Melihat blog anda memberikan sy pemikiran baru yg tidak hanya di mount E saja… Terima kasih buat keterbukaan Elinski :) dan hatinya yg mau membantu sesama dr indo yg kurang mengerti :)

    Saat ini sy sedang mencari dokter untuk anak sy yg gejalanya: batuk pilek trus bisa 2-3x kedokter dlm sebulan untuk urusan batuk pilek, kulitnya yg pecah, nglodokin (dokter sini menyatakan atopic dermatitis) , kl minum obat/kl diuap ada bercak2 biru kehitaman (spt gosong) pada kaki, kadang mimisan meski tidak banyak. Diindo sempat dites alergy dgn bioresonansi hasilnya alergy makanan,housemist, dll sudah diterapi smpe slesai tp trnyata ms kambuh lg batuk pileknya. Tp selama terapi 3 bln sempat tidak pernah batuk pilek. Tp setelah minum susu coklat kebanyakan, batuk pileknya kambuh lg smpe saat ini ms bolak balik ke dokter anak.

    Apakah sy bs dibantu untuk mencari dokter yg tepat untuk anak sy? Krn sy sgt kasian melihat n mendengar kl anak sy batuk pilek trus n minum obat yg bs smpe 15 hari dlm sebulan (mengingat 2-3x kedokter).
    Kira2 slain dimount E , sy bs dpt referensi ke rs mana n dokter siapa.
    Terima kasih buat bantuannya.. Gbu :)

  27. Dear elinski,
    Saya didiagnosa pankreastitis dan batu empedu. Sy disarankan dokter di indo utk operasi. Kl boleh minta saran dan rekomendasi dokter spesialis gastro di singapur, krn sy mau konsultasi second opinion soal kondisi sy. Sy ga mau terburu2 operasi.
    Trimakasih

  28. Anak.saya berusia.6 tahun akhir bulan ini dan dia.memiliki.kelainan di.kaki.kanan agak.masuk.saya.sudah ke.beberapa.rumah sakit di jakarta tetapi diagnosa masing masing rumah sakit berbeda di pertamina.anak.saya di katakan memiliki.selisih satu senti antara kiri dan.kanan.itu yg menyebabkqn kelainan sedangkan di rumah sakit sari asih mengatakan anak saya tidak bisa sembuh karena.kelainan di.kaki akibat pendarahan.di.kepala yg blm 100% keserap otak saat ini saya membutuhkan informasi dokter dan perkiraan biaya yg di perlukan sebelumnya saya berterima.kasih atas informasinya

  29. permisi.
    saya mau tanya, ibu saya mengidap tumor. kata dokter rumahsakit jakarta sih, itu tumor jinak. diameter sekita 1 cm. tapi ibu saya tetep takut.
    rencananya ibu saya mau operasi saja di singapore, dan dari rekomendasi orang2 bilang, mount e itu rumah sakit kanker pertama di singapore.
    boleh tanya tidak, rumah sakit lain beserta dokter ahlinya khusus kanker dan tumor saja. kalau bisa beserta biaya keseluruhannya
    terimakasih :)

  30. Maaf sblmnya apa di NUH pernah menangani kasus oprasi bedah plastik pasien penderita filariasis,.ato kaki gajah?? Kedokter siapa saya harus berkonsultasi masalah biaya operasinya+prosedurnya,buat bahan pertimbangan trimakasi

  31. Mohon Informasi Dokter THT di Singapore. Soudara saya diindikasi ada benjolan di Tenggorokan ( stage 2 ) di rs setempat diharuskan biopsi tapi keluarga belum melakukannya. Kami ingin coba kroscek data dengan dr tht singapore. Karena kami takut salah langkah dalam masalah ini. Terimakasih.

  32. anak saya dinyatakan dokter alergi susu sapi dari bayi yaitu bab lendir darah,trus yang mau saya tanyakan dokter khusus alergi di sgpore dimana ya? tolong infonya>..tq

  33. URGENT!!!

    Papa saya didiagnosa mengalami jantung bocor stadium 4, berbeda halnya dengan kanker; jantung bocor memiliki tingkat keparahan 6 stage. Setelah ke tanya ke beberapa teman, semua menyebutkan nama-nama top cardiologist di Singapore seperti : Arthur Tan (ME), Peter Yan (gleneagles), Koo Chee Choong (gleneages) , Lim Chin Hock, Maurice (ME) dan Philip Koh (ME). Saya memutuskan untuk memilih Philip Koh dengan tiga rekomendasi mengatakan dokternya sabar dan memang biasanya menangani kasus jantung bocor tetapi lagi-lagi Mount E sangat memakan biaya besar. Apa anda memiliki rekomendasi dokter di rumah sakit lain di Singapore untuk melakukan operasi jantung bocor? Terima kasih sebelumnya. Saya berharap menerima balasan dari anda via email dengan nama dokter, jadwal praktek dan lokasinya. Email : merlina.yuliana@ymail.com

  34. miss,bisa bantu saya..skrg lg bingung.mama sy 54 tahun.ada diabetes.hipertensi.pertama ngeeluh sakit pinggang belakang.skrg lg opname di kuching spesialist hospital.uda di rontjen,ud di ct scan beberapa kali.ternyata ad infeksi di sekitar jantung dan paru2.ad pembengkan di pembuluh darah.harus dioperasi,tptdk bisa di kuching.dokter saranin harus operasidi sunway kuala lumpur atau di singapor..sunway kuala lumpur biaya sangat mahal.apa ada second opinion utk di sgp.skrg mama sy masi opname di kch,utk sembuhkan infeksi dulu.baru isa di operaasi.krn yg bengkak harus di potong dan diganti dgn sakuran atau pipa plastik..help me…..please….

  35. Suami (28th)sy punya tumor di tulang rahang yg di diagnosis ameloblastic fibroma tolong minta bantuannya harus ke dokter mana y?di SGH sama NUH tolong infonya thx..u

  36. ada yang tau kira2 brp biaya operasi kista di mount E ?

  37. biaya operasi kista di general hospital brp,ada yang tau,mohon reply?

  38. frady.purnama

    dear mba elinski,
    maaf sebelumnya saya ingin menceritakan dulu kronologis awalnya:
    ibu saya divonis menderita tumor di paru paru setelah saya mencari di internet dan teman di singapura saya akhir hendak melakukan operasi di university national heart center singapura. tetapi setelah saya cari-cari perkiraan biayanya di internet saya tidak mendapatkannya, apakah ibu elinski dapat membantu saya?
    terima kasih sebelumnya.

  39. Sis/bro, sy mau nanya untuk ortopedi yg bagus di spore (tp kalo ada di Penang aja, krn LBH murah). Sy dari kecil sakit punggung tapi hingga skr blm ketahuan penyakitnya apa. Jd mungkin jika sy Check up di sana bs ketahuan sakitnya.
    Thx.

  40. Hi Randy,
    Bisa tolong tanya, kalau di Kuala Lumpur dokter orthopedic yg baik siapa ya? Saya mendengar tentang dokter oh kim soon. He is good. Tante saya, dia ikut suaminya bekerja di Kuala Lumpur. asuransi dari perusahaan cuma laku untuk berobat di Kuala Lumpur. Sekarang lutut dia sakit. Terima Kasih.

  41. Hi, Mohon bantuan info pengobatan untuk saya Agus mobile ph 0816713892, kasus GERD Gasto Eshopagus Reflux Disesase, hasil Endoscopy dan Biopsi, Barret dan sel tidak aktif. Terindikasi GERD semenjak 5-7 tahun lal dan sampai sekarang oleh Professor di Jkt selalu diberikan obat Pariet 20mg dan Motilium 20mg 2 kali sehari. baru baru ini saya juga dapat info metode pengobatan lain dengan ring LINX mohon dibantu rekomendasi hospital dan dokter di Sgp, thanks

  42. Selamat pagi mba,
    saya mau tanya mengenai anak perempuan saya, umur 3,5 thn…dia sudah di diagnosa oleh dokter bahwa dia terkena alergi & asma, bila sedang terkena dia akan batuk2x & banyak slim yang mengumpul. Sampai saat ini kami sudah mencoba berobat ke berbagai macam pengobatan dari menggunakan nebulizer, terapi dengan gelombang elektromagnetik sampai dengan tradisional tetapi batuk & slim nya masih tetap ada.Dokter hanya menyarankan utk menghindari hal2x yg menyebabkan timbulnya hal tersebut & kami juga sudah melakukannya. Mohon pencerahannya mba karena kami juga berpikir utk mencoba berobat ke Singapore….Thx.

  43. dear elinski, saya mengalami kecelakaan waktu kecil yg menyebabkan jari tangan saya ada yg hilang separoh ruas. dan ini sangat membuat sy minder. apakah ada rumah sakit yg bisa menangani penyambungan jari tangan? dimana yg murah ya? trimakasih> Nya< surabaya

  44. atha rajendra

    dear elinski/other
    anak saya umur 6 tahun siku tangan kanan patah dan sudah operasi di RSUD Dr,Kariyadi Semarang tetapi hasil akhir dari operasi tersebut tangan kanan anak kami tidak bisa lurus dan ditekuk secara optimal.tangan diluruskan masimak hanya sekitar 120 derajad dan ditekuk maksimal hanya 80 derajad, kami sangan mohon bantuan dari ibu rumah sakit singapure mana yang cocok untuk anak saya .terima kasih

  45. Dear all, anak saya skrg usia 2 bulan 5 hari, didiagnosa ada Hemangioma di pantat kanan hingga dengkul kanan, sudah konsul & berobat ke Prof Dr DG di RSCM khusus ahli hematologi pada anak, semalem hasil diagnosa berubah, anak saya terkena Kliippel Trenaunay Syndrome… hari ini saya rencana ke dokter lain, Dr Bulan Ginting di Medistra Tebet… sembari melihat apa hasil diagnosa dokter hari ini, saya disarankan teman untuk ke NUH, kira kira ada bisa bantu info yg terbaik untuk saya, untuk foto Hemngioma bisa PM via email senjayaivan@yahoo.com.sg or via BB, thanks

  46. Tlg tny dong, dktr internist spesialis trigliserida tinggi yg bagus di rs mana ya di spore? Siapa nama dktrnya?
    Dan kalo utk anak yg kegemukan & pertumbuhan tingginya agak lambat hrs ke dktr spesialis apa ya?
    Terima kasih

    • @ Bu Dani: maaf reply sy lama sekali. Saya bukan dokter, tapi saya mengalami kondisi yg mirip2 dengan keluarga ibu. Kalau anaknya sekedar kegemukan, saya rasa tidak perlu ke dokter bu … anak saya dulu overweight nyaris obese dan dia berhasil menurunkan berat badan 21kg dalam 2 tahun dengan kombinasi ubah pola makan dan olahraga … tapi kami sekeluarga juga mengubah pola makan. Kami tidak nyetok snack ataupun minuman manis di rumah. Kami ajari dia berhitung kalori, jadi dia tau bahwa corn chips mengandung kalori lebih rendah dari potato chips, 1 bungkus Milo itu gulanya sama aja dengan makan 1 cheesecake or chocolate cake … jangan bergantung sama dokter bu kalau masalah overweight, nanti diberi obat macam2 anaknya malah tidak belajar u/ hidup sehat.

      sementara soal trigliserida tinggi, menurut saya ini juga masalah pola makan / gaya hidup saja Bu. Ibu saya juga turunan trigliseridanya tinggi, dan dia harus jaga pola makan dan gaya hidup (termasuk mengukur tekanan darah tiap hari) supaya trigliserida berada di batas normal.

  47. salam mbak elinski. saya mau tanya siapa dokter, di rs mana dan perkiraan biaya. saya didiagnosis partial rupture acl dextra dan meniscus tear medial posterior horn. terimakasih atas bantuan mbak.

  48. Siimbah aku juga baru operasi lutut d queen elizabhet .oke juga

  49. Mba elinski nanya donk utk kasus batu ginjal dan hidronefrosis yg bagus dokter mana ya dan rs yg alatnya canggih. Thx yaaa

  50. Mohon bantuan nya untuk referensi dokter bedah ortopedi.
    Kondisi pasien kehilangan daging dan jaringan ikat di engkel mata kaki sblah kiri.
    Kemgkinan ada pergeseran sendi jga.
    Tolong info jga perkiraan biaya nya

  51. dear Elinski

    saya ingin membantu teman saya yang dimana beliau nya setelah di rawat di rumah sakit beliau nya menderita penyakit TBC bisa ya dibantu untuk rujukan di singapura

  52. Mhn saran.anak saya usia ±7,5bln.sdh sejak 1bln ini dari kedua mata,terutama mata kanan keluar air.di diagnosa Dr di indonesia(solo) dacrocystitis.sdh di lakukan spooling mata kanan&kiri(dibius total,krn anak sy aktif sekali),memang sdh sangat berkurang,tp terkadang yg kanan masih keluar.anak saya jg alergi,muka sering merah.kelopak mata bagian dalam,kata Dr sangat merah&berpapil.sy ibunya jg bakat alergi(asma).anak saya minum susu formula.kata Dr,kmungkinan alergi susu jg.tp belum dilakukan tes alergi.mhn saran&info,hrs ke Dr spesialis mata siapa&dimana?trima ksh byk.

  53. Mba, bs mnt tlong ada rekomendasi utk dokter d singpura. Anak saya d diagnosa dokter ada sakit jantung (asd) bawaan lahir,skrg umur 31 bln. Oleh dokter d sarankan utk segera operasi. Kita ingin operasi yg pasti, yaitu d Singapura. Klo d surabaya (domisili kita) operasi sekitar 80 jt, klo d sin brp y?
    Ada referensi RS apa klo d sin?
    Dokternya sapa namanya?
    Mohon infonya y mba?!!
    Saya & keluarga mengucapkan, Terina kasih sebesar-besarnya

    Regards,
    Dewi

  54. mbak, saya mau cari dokter utk papa saya yg sdh hampir 10thn itu spt alergi pada hidung, jadi selalu ingusan, bersin2, hidung tersumbat, mengorok. sudah pernah operasi sinusitis di semarang tapi tidak ada perubahan. menurut diagnosa dokter katanya alergi. ada rekomen dokter di singapura atau malaysia? tks

    • @ Dodi: mau coba ke dokter THT saya, namanya Chan Kwai Onn di Novena Medical Center? Kalau perlu operasi, dia praktek di Changi General Hospital dan Singapore General Hospital. Dia dokter bedah THT juga. Kalau saya ke dokter2 THT lain ga sembuh, sama dia penyakitnya selalu terdiagnosa. Masalah bapak, kalau dari penjelasan anda, bisa saja alergi, tapi bisa juga karena abnormalitas bentuk tulang hidung, atau sleep apnea.

  55. Dear Elinski
    ª∂a̲̅ rekomendasi dokter bedah plastik utk operasi celah bibir dan langi-langit yang bagus ∂i sing yang harga nya ngakk semahal mount.E

    • @ Horcu: u/ kasus celah bibir dan langit2, menurut pendapat saya, dokter Indo nggak kalah atau bahkan lebih tokcer menangani kasus ini. Masalah “cleft palate” sangat lebih banyak ditemui di Indonesia, akibatnya dokter2 bedah indonesia jadi lebih ahli karena sering menangani.

  56. DH. dr. Elinski
    Saya menderita sakit kulit di wajah saya sebelah kanan disamping hidung sudah kira-kira 13 th lamanya, dahulu kecil kira kira selebar 3 mm, tapi sekarang sudah berdiameter 7 cm bahkan pupil hidung saya yang sebelah kanan sudah hilang sebagian. kira-kira saya harus berobat kemana kebagian apa kalau di Singapura dan mohon informasi biayanya , Saya sudah kemana-mana tapi belum ada hasilnya. Terima kasih.

    • @ Sugi Hartono: waduh mas saya bukan dokter!!! Apakah mas sudah pernah dicek dokter di Indo? Lebih baik dicek di Indo dulu, apa diagnosanya dan rekomendasi pengobatannya, dan kalau tidak mantap baru second opinion ke Singapore. Kalau dg info skrg saya nggak tau penyakitnya dan dokter spesialis apa yg mesti menangani, boro2 berapa biayanya …

  57. Mba Elinski, mau nanya nih.ibu saya habis operasi ganti klep Jantung setahun yang lalu.baru-baru ini ternyata dokter bilang denyut Jantung lemah sehingga perlu di pasang alat pompa Jantung. Kalo disingapura Kira-Kira di Rumah sakit mana ya yang Ada dokter yang bagus untuk kasus ibu saya ini. Kita terus terang masih trauma mau melakukan di Rumah sakit Indonesia sehubungan dengan proses operasi penggantian klep waktu itu.ditunggu balasannya ya.terima kasih

  58. Saya pernah mengalami kecelakaan kendaraan motor ketika berumur 11 thn di mana posisi sy waktu itu di bonceng yang menyebabkan otak keluar dan membengkak karena terbentur trotoar dan tercebur selokan, sewaktu baru sembuh sy tidak dapat menggerakkan seluruh bagian tubuh alias seperti anak bayi..

    Saat ini saya berusia 25 tahun dengan kondisi saat ini kaki dan tangan kiri saya selalu mengalami kram, yang paling parah pada kaki, sedikit saja berjalan atau merasa capek kaki kiri saya langsung mencengkram yang menyebabkan saya berjalan pincang seperti orang yang terkena stroke dan butuh waktu yg lama untuk berkonsentrasi meluruskannya kembali sama halnya dengan tangan kiri saya, gerakan2 pada jari2 tangan kiri sangat kaku. Dokter yang mengoperasi saya mengatakan saraf motorik saya tidak dapat berfungsi dengan normal, saya sdh sempat mengikuti fisioterapi dan berobat ke berbagai tempat tp blum bisa menormalkan saraf motorik tersebut, waktu itu sy di operasi sebanyak 4x bongkar pasang tengkorak kepala dan otak, hingga akhirnya saya baru dpt sadar setelah operasi ke 4, operasi terakhir dilakukan di Jakarta tepatnya di RSPP karena kondisi saya pada saat itu sangat kritis jadi dokter tidak menyarankan untuk membawa keluar negeri, yang saya ingin tanyakan

    1. Apakah masih bisa saya kembali normal lagi di umur saya yg sdh menginjak 25 tahun ini?
    2. Klo masih bisa saya ingin menanyakan tempat berobat/Rumah sakit di Singapore) yang dapat menormalkan kembali saraf2 motorik saya..

    Terima kasih

  59. ka, ayah ku ada rencana melakukan pengobatan di malaysia., beliau sakit batu ginjal dan ingin d opersi disana,, karna dokter yg menangani tdk bisa melakukan operasai krna alat yg terbatas,.
    saat akan di operasi batu ginjalnya sudah turun dari ginjal dan sudah ada pada saluran yg akan masuk ke kantung kemih., punya info gak rumah sakit dan dokter mana ya yg terbaik., byk yg menyarankan ke MMC (malaysia),. punya info mengenai rmh sakit tersebut gak ka?
    thanks before kak..

  60. Selamat malam Bu, saya mau nanya untuk dokter spine di singapura bagaimana ya? Saya punya masalah kejepit syaraf leher, saya ingin mengecek apakah saya memerlukan tindakan lanjut, saya sudah lakukan MRI di Jakarta, apa harus saya bawa? Thanks infonya.

  61. anak saya umur 6 bulan kemarin ini kejang tanpa demam, sehari bisa sampai 7 kali,akhirnya msk ICU, di tes darah normal(tidak ada infeksi virus/bakteri),di USG otak semua normal, di EEG memang ada sedikit loncatan gelombang. dokter anak mendiagnosis epilepsi ringan, tp dia menyarankan saya utk mencari dokter saraf anak. sekarang setelah keluar RS anak saya masih lincah dan minum susu nya lancar.tolong rekomendasi dokter saraf anak yg bagus di singapur siapa? terimakasih sebelumnya

  62. Hai Elinski,mo tanya info dokter saraf anak yg bagus di singapur. Anak sy umur 6 bulan sering kejang tanpa demam, kemarin sehari bisa sampai 7 kali, setiap 2 jam sampai akhirnya msk ICU. Dokter anak dsini mendiagnosa epilepsi ringan dan menyarankan agar sy konsultasi lagi ke dokter saraf anak untuk lebih yakinnya. Jadi mohon infonya untuk dokter nya, makasih sebelumnya. Yessy

  63. Mau nanya sonk dokter spesialis asam lambung akut soalnya lambung sudah luka dan sdh sampai otak,,mhn info

  64. hi Elinski, saya mau tanya dokter mata anak yg bagus di singapore dimana ya? anak saya 9 bulan, di info kan oleh salah satu dokter mata anak ternama di jakarta kalau matanya sudah silinder dan minus. saya ingin recheck apakah benar keadaan mata anak saya seperti itu. tolong info nya ya,

    thanks,

    Cindy

  65. Dokter syaraf yg bagus Ada di sydney. Australia. Tp dokter itu sering travelling mulu. Jd kudu booking.

  66. Mba, menanyakan saya di diagnosa scoliosis dengan kemiringan 40 derajat. Karena dia masih berusia 10 tahun, kami tidak mau dia dioperasi. Kira kira bisa rekomendasikan dokter di singapura untuk second opinion?

    Thanks ya mba.

  67. Hi Mbak Elinski,

    Mau info dokter bedah syaraf dan dokter bedah ortopedi yang mumpuni di National University Hospital Singapore ya?

    Kerabat saya bulan Agustus ini baru menjalani operasi cedera syaraf tulang belakang dan masih lumpuh sekarang juga tidak ada rasa untuk buang air sampai sekarang.Gejala nya pun tiba2,tiga hari setelah itu langsung operasi di jakarta.

    Untuk stem cell therapy,dokter apa yang bisa untuk konsultasi disana ya?

    Terima kasih sebelumnya.

    • @ Uci: saya agak bingug dengan pertanyaan anda, karena minta dokter bedah syaraf, oropedi dan stem cell therapy … supaya nggak salah rekomendasi, ada baiknya hubungi langsung international patient liaison center di NUH (iplc@nuh.com.sg) atau jakarta@singmedic.com dengan memberikan penjelasan tentang kondisi kerabat anda.

  68. Mb elinski yang baik…
    Syukurlah ktemu blognya mb, anak saya umur 10 tahun didiagnosis epilepsi sejak umur 5 tahun, sampai sekarang sudah 3 kali kejang, meskipun frekuensinya jarang tapi tiap kali kejang bisa berjam-jam. baru bisa berhenti setelah disuntikkan diazepam. Obat yang diresepkan dokter Carbamazepin 250 mg 2 x sehari.
    Rencananya dalam waktu dekat ini kami mau wisata ke singapura skalian mau cari second opinion untuk penyakit anak saya tersebut.
    Dokter speliasis apa yang sebaiknya saya kunjungi tolong minta rekomendasinya termasuk RS apa yang direkomen oleh mb, yang biayanya murah, dokter nya bagus…
    salam hangat
    terimakakasih

    • @ Ummi Belif: kapan anda akan ke Singapur? Saya sarankan segera hubungi jakarta@singmedic.com u/ dibuatkan appointment dengan dokter yang tepat (neurologist anak, mungkin) dan jangan beli tiket ke Singapur sampai anda dapat tanggal appointment yang pasti. Butuh waktu 3-6 minggu u/ bisa dapat appointment dengan dokter yang tepat, so prepare in advance. Good luck, dan semoga anak anda dapat second opinion yang bagus.

  69. Butuh info secepatnya please… Saya habis melahirkan secara SC dikarenakan ada tumor diperut. Tadinya analisis dokter obgyn cuma kista tp ternyata bukan. Jd tumornya menempel diusus besar dan kecil dan lebih parahnya jg menempel dipembuluh darah besar. Dokter di indo menyarankan untuk kemo trlbih dahulu tp saya masih punya baby umur 1bulan dan ASI. Tumornya ukurannya sdh membesar. Tolong info dokter yg bisa menangani masalah saya.. TQ

    • @ Yesi: apakah sudah biopsi dan tumornya dinyatakan ganas? Kalau ya, saya cenderung setuju dengan dokter Indo yang menyarankan chemo dulu. Kalau tidak ganas tapi membesar, ada baiknya second opinion u/ memutuskan apakah chemo jalan terbaik karena setau saya chemo hanya kalau tumor-nya cancerous. Mengenai ASI, memberikan ASI bukan satu2nya gift yang bisa anda berikan u/ bayi anda. Kalau anda sehat, that’s a greater gift to your baby. Saya hanya beri anak saya ASI eksklusif 3 minggu, sisanya campur formula karena jumlah ASI sangat tidak mencukupi kebutuhan dia … toh anaknya sehat2 aja sekarang, gak gampang sakit.

  70. Tolong infonya, sy thn 2000 pernah operasi tulang panggul patah karena tumor jinak (osteoporosis), & Sudah di operasi baik, sekarang saya mau rekonstruksi ulang karena masa pakainya 10 tahun, Dan keluhan saya adalah kaki saya Lebih pendek 3 cm jadi kalau jalan kelihatan pincang. Mohon info dokter & RUMAH sakit mana yang bagus ?

    • @ JEB / Jasin Boenardi: maaf reply agak lama. Kalau bedah ortopedis, saya recommend NUH (National Univ. Hospital) karena sudah lihat sendiri kualitas tim ortopedis disana ketika anak saya patah tulang. Bisa hub. iplc@nuh.com.sg u/ minta rekomendasi dokter mana yg paling cocok dengan menjelaskan kondisi anda skrg.

  71. Dear Elinski,
    Mau nanya rekomendasi untuk gastroenterologist yang terkenal di Sing dong. Mama saya ada keluhan nyeri perut, sudah dicek dengan whole abdomen USG, endoskopi (both gastro & colon) tidak ada hasil yang menunjukan kelainan berarti. Hasil CEA memang menunjukan nilai diatas normal (terakhir di cek nilai CEA nya 7), namun tidak ditemukan adanya tumor/cancer. Satu-satunya diagnosa hanya fatty liver (memang nilai SGOT, SGPT dan GGT melebihi nilai normal). Ngga ada riwayat diabetes, tapi ada hipertensi.
    Belakangan ini nyeri perutnya kumat lagi, ini kebetulan papa udah waktunya control ke sing (di Mount E), mau sekalian periksain mama juga mumpung ke Sing…
    ditunggu sarannya ya, thanks

    • @ Sthefanny: apakah sudah di Singapur skrg? Maaf agak lama reply-nya. Kalau tidak ditemukan kelainan berarti, saya rasa pola makan dan gaya hidup yg perlu dirubah. Kurangi fatty food dan gorengan. Hindari MSG. Banyak makan sayur dan buah dan minum air putih. Detox secara berkala. Mengubah gaya hidup ini justru lebih sulit daripada minum obat, but trust me it’s worth it.

  72. Dear Elinski,
    papa saya didiagnosis syaraf terjepit, sudah MRI dan syarafnya terjepit di 4 lokasi di tulang punggung bagian bawah. Dokter menyarankan operasi, tapi saya kuatir kalau operasi di Indo. Sudah dicoba fisioterapi berbulan bulan tapi tidak ada efeknya. pengobatan alternatif seperti pijat juga sudah dicoba. Bisa di info dokter spesialis dan rumah sakit yang bagus untuk pengobatan penyakit ini di Malaysia atau Singapura? Thanks

    • @ Erna: mungkin bisa hubungi jakarta@singmedic.com u/ di-recommend ke dokter yg paling tepat dan bikin appointment? Saya pernah denger tentang Dr Tan Kheng Kooi di National Neuroscience Institute di Tan Tock Seng hospital, dia spesialis bedah tulang belakang dan bedah kepala.

  73. Minta info buat doc untuk menangani leukimia, thanks for help ^^

    • @ Kimberly: tergantung leukemia-nya jenis apa dan seberapa parah, trust me, penanganan di Indonesia dan di Singapur sama saja. Bapak saya pun di-chemotherapy di Jakarta saja karena anjuran dokter Singapur persis sama jenis terapi dan obatnya. Ini kecuali leukemia-nya sudah tidak bereaksi terhadap chemo dan harus bone marrow transplant … kalo soal itu memang lebih baik ke Singapur.

  74. Dear Elinski,
    Maaf merepotkan..tapi apa bole minta informasi & referensi utk dokter spesialis bedah tulang belakang di sg? Untuk penanganan tumor di area tulang belakang.. Terima kasih sblmnya..

    Cherish

    • @ Cherish / Carissa Tirta: kasus ini bisa ditangani oleh dokter bedah ortopedis, surgical oncologist, dan/atau neurosurgeon, tergantung posisi persis tumornya dimana dan apakah tumornya ganas. Supaya saya nggak salah recommend, mungkin lebih baik discuss dengan SingMedic jakarta@singmedic.com mengenai kondisinya? Mereka ada dokter in-house yang bisa membaca hasil2 laporan medis … sementara saya khan nggak bisa.

      Atau kalau cherish bisa bahasa inggris, bisa langsung hubungi iplc@nuh.com.sg (ini bagian international patient liaison center). National University Hospital punya departemen bedah ortopedis dan neuroscience yang sangat bagus, dan IPLC mereka responsif … anak saya dioperasi disana ketika patah tulang dan ibu saya juga akan MRI disana dalam waktu dekat.

  75. dear elinski

    saya dibilang tb oleh dokter indonesia. saya mau cek dengan dokter singapore. ada referensi dokter tb yang bagus?
    mohon bantuannya
    terima kasih

    • @ Ardhian: Kalau TB (tubercolossis?) saya lebih recommend berobat di Indonesia. TBC sangat jarang di Singapur, jadi dokternya saya rasa lebih tidak pengalaman bagaimana cara menangani dan contain-nya.

  76. hallo elinski , ada kantor perwakilan NUH di jakarta tidak ya?

  77. Dear Elinski…..saya mau nanya anak saya didiagnosa lupus di Indonesia, anak saya perempuan berusia 17 tahun,…saya ingin bawa kesingapore utk second opini,….Saya mencari di NUH dapat dokternya lama, saya dapat di RS Gleneagles Prof Leong Keng Hong…..mnurut Mbak bgaiman RS dan dokternya? …..Sy tunggu informasinya…..Terimakasih…
    Salam…..

  78. hi mbak elinski, saya vania, bs mnt tlg u/ referensi dr gastro dan THT yg bgs di sg?
    saya bln april terkena infeksi pita suara, sehingga suara hilang. setelah suara muncul kembali, suara saya tdk bs kembali spt semula( pelan dan range vocal turun terus). Bln april-sept sakit tenggorokan, telinga dan hidung sakit berulang2.. terakhir saya divonis laryngitis akut dan Gerd. saya selama bln april – sept di indo diberi antibiotic terus menerus, dan jangka minum 1paket antibiotic 5-7hr.. dan u/ lambung saya diberi zantac1 minggu, distop diganti nexium motilium 2 minggu, dan skrg saya diberi obat lambung omeprazole dan prednisolone u/ 2 minggu dr hr kmis lalu…
    saya rencana mau cari second opinion, tlg bs dibantu ya mbak elinski trimakasih…

  79. hi mbak elinski
    saya baru ke penang periksa satu badan, pas di ct scan ternyata ada daging tumbuh di ginjal, jadi harus segera di operasi pembuangan daging kecil itu, krn kalau di tunda daging akan membesar dan 1 ginjal harus di buang. saya mau tanya dokter apa dan hospital apa yg bgus di sg dan harganya sekitar brp? thanks

  80. Pagi…

    Anak saya umur 17 tahun…

    Awal nov yang lalu ditawar di RS dengan keluhan sakit yg meli lot di perut… Stlh dirawat dan CT scan , terdapat cairan bebas di posisi kanan perut dan hasil CT scan ada Suspect rupture ovarium.

    Mohon referensi dokter di Singapore utk ini.

    Terima kasih

  81. mbak mau tanya dokter anak spesialis gastro yg bagus ,anak sy sakit perut tiap hr udh 4 bln dan perutnya bengkak sebelah kanan dan ada kelenjar di perutnya ,bisa minta recomed dokter anak gastro yg bagus,makasih

  82. Dear elinskii,

    Minta rekomendasi dokter spesialis kulit di singapore yang bagus untuk kasus pleva yg menyebabkan warna kulit saya byk white spot di kulit saya . Pleasea advise. Many thanks

  83. Halo, elinski,
    Saya ingin mencari info, untuk tempat transplantasi ginjal di singapore yang bagus namun murah dimana ya? Brp kisaran biayanya?

    Ibu saya mengalami gangguan ginjal dan dokter berkata bahwa fungsinya tgl 8%. Saya sudah memutuskan ingin mendonorkan ginjal untuk ibu saya. Namun sampai skrg saya tdk tahu tmpt yg biaya operasinya terjangkau. Saya mmg bkn dr keluarga berada. Krn itu saya ingin mencari tahu dulu kisaran biaya operasi apakah akan dapat dicover dgn tabungan keluarga atau tidak.
    Bbrp masukan dr keluarga mengatakan kalau operasi di luar negeri (singapore atau malaysia) jatuhnya lebih murah dibanding di indonesia.

    Apabila anda dapat memberikan info soal tempat transplantasi ginjal yang biayanya rendah beserta kisaran biayanya, saya sangat berterima kasih. Itu akan membantu saya dlm pengambilan keputusan.

    Salam sejahtera,
    Abby

    • @ Abby … mungkin Ninta dari SingMedic bisa bantu soal ini? Sebelum memutuskan u/ mendonorkan ginjal, lebih baik dicek dulu di Indonesia apakah match. Daripada sudah sekeluarga ramai2 ke Singapur kemudian ternyata nggak 100% match … biaya terbuang percuma.

  84. Salam kenal,

    Saya Ninta dari SingMedic, kantor perwakilan resmi dari mitra-mitra rumah sakit di 3 negara yakni Singapura, Malaysia, dan Korea Selatan. Kami sudah berdiri sejak tahun 2007 dan memiliki kantor di Bandung dan Jakarta. Jika ingin mengetahui secara lengkap info mengenai RS dan dokter yang paling tepat, info mengenai estimasi biaya, atau ingin dibuatkan janji konsultasi, silakan menghubungi SingMedic Bandung di 022 7001 8000 / hotline 0813 2021 7900 (email: bandung@singmedic.com; pin BB: 28FF1F5B). Atau SingMedic Jakarta di 021 3410 1000 / hotline 0813 2025 2525 (email: jakarta@singmedic.com; pin BB: 220226A1).
    SingMedic adalah kantor perwakilan resmi, jadi teman-teman tidak perlu khawatir, semua layanan kami gratis dan tidak ada biaya tersembunyi.

    Semoga informasi ini bermanfaat.
    Best regards
    Ninta SingMedic

  85. Allo, mbak.. Met kenal… Saya, Mawar Simbolon. Asal dari Medan. Awal tahun 2013 ne, saya byk d khawatirkan sama kesehatan payudara sebelah kanan saya. Akhirnya saya melakukan pemeriksaan d Medan dan dinyatakan ada gumpalan darah 2 gumpal y masing2 b’ukuran 1cm dan d sarankan untuk d angkat sblm jd besar. Saat konsultasi sm orangtua, ma2 saya mlh menyarankan untuk lgsg priksa k Penang saja. Dan trnyt hasil pemeriksaan dsna, puji TUHAN tidak terdapat gumpalan y dinyatakan oleh dokter d Medan. Namun seiring waktu, sekitar 3 minggu belakangan ini, payudara saya kembali berulah, nyeri y kadang sakit tidak saya rasakan pd payudara y d sebelah kiri. Mbak, saya skrg bingung mw periksa kmn lg, blom lg dengan momok menakutkan y kadang bikin saya jd ekstra tambah takut, kanker payudara; Pdhl saya blom menikah. Saya mw minta tolong sama mbak, dengan sebesar2’nya, Tolong djawab; Apakah pemeriksaan d Singapore hasil’nya bisa akurat? Dan apakah biaya’nya jg tidak terlalu mahal, karena saya hanya’lah karyawan biasa dengan gaji y pas2an. Agar saya dapat mempersiapkan sgla sesuatu jika trnyt hasil’nya mmg dluar keinginan saya (buruk). Terima kasih banyak, mbak.. Gbu.

    • @ Mawar: kalau soal gumpalan / benjolan di payudara, alat tesnya sama aja di Singapur, Penang maupun Indo. Cuma pake USG biasa saja kok, sama2 akuratnya. Saya juga pernah punya tumor di payudara, dioperasi di Jakarta saja … datang Rumah Sakit jam 8 pagi, jam 9:30 sudah sadar lagi, jam 10:30 dah jalan pulang. Prosedurnya tidak rumit. Dan tumornya yg diambil kemudian dibiopsi dan dinyatakan tidak ganas. Bawa doa dan nggak perlu cemas. Dan tumor di payudara itu juga terjadi ketika saya belum menikah. Nggak masalah … ketika punya anak saya masih bisa menyusui. Bekas operasinya aja nggak keliatan :-)

  86. Di dahi sy ada benjol sebesar kcg tanah,di rontgen sih tulangnya gpp.Kalo di bedah ktnya hrs bius total.Menurut Bpk kalo ke NUH pake dokter siapa ya?trima kasih ya

  87. saya mau nanya dokter internis yang bagus di jakarta atau bekasi itu siapa ya pak

  88. Kakak saya ada benjolan di leher,di indonesia diagnosanya TBC,cari 2nd opinion hsl biopsi pmbesaran otot.tp krn msh pnasaran,brobat k penang dr.bedah tht kepala dan leher di biopsi 2x hsl pmbesaran otot,tp dokter penang tetap suspect kanker limfoma dan anjurkan operasi utk ambil jaringan spy dipriksa.mohon info dokter onkologi trbaik di singapur.tq

    • @ Marion: maaf reply-nya lama karena saya blogging sambil mengurus anak dan mengurus ayah yang juga terkena kanker limfoma. Apakah kakak sudah di PET/CT Scan? Kalau tidak, minta tes ini ke dokter onkologi. Kalau ada metastasis yg terdeteksi dari PET/CT scan, berarti ada kanker. Kalau tidak, bisa jadi itu tumor jinak, TBC, pembesaran otot, atau hal2 lain yg disebutkan. Sebelum dibiopsi, minta PET/CT scan dulu to rule out/in cancer. Kalau mau check di Singapur, bisa coba ke dr. Miriam Tao di National Cancer Centre. Beliau yg mendiagnosa ayah saya. u/ bikin appointment bisa kirim e-mail ke cancerhelpline@nccs.com.sg u/ bikin appointment. Jelaskan kondisinya skrg dan tes apa saja yg sudah diambil. Bawa semua hasil tes sebelumnya ke Singapur. Good luck!

  89. Dear elsinki,
    Minta info untuk dokter jantung anak si singapore. Anak sy 7 bln di diagnosis PDA. Kalo KKH bagaimana menurut anda ? Ato mungkin ada rekomendasi rumah sakit lain dan dokternya..
    Thanks

  90. Salam kenal dan sukses selalu, nama saya Prasetyo dan saya menderita sakit punggung bawah.hasil MRI ada bantalan tulang punggung yg tertekan dan akhirnya menekan syaraf.Mohon diinfokan dokter spesialis tulang punggung atau dokter fisioterapi tulang punggung di Singapura.Terima kasih atas bantuannya

    • @ Prasetyo: bisa ke musculoskeletal physiotherapist saya, Calvin Sim. Dia buka praktek sendiri (sebelumnya di Tan Tock Seng and Alexandra Hospital). Dia juga physiotherapist national rugby team Singapore), bisa dicari di Facebook under the name “Physio Connectionz”. Kliniknya di Far East Square, sebelah hotel Hilton Orchard. One of Singapore’s most sought-after physiotherapist. Biaya terapinya $90 per visit dan tidak perlu rujukan dokter dulu. Kalau dia lihat kondisinya sudah nggak bisa ditangani hanya dengan physio, dia akan rujuk ke ahli spinal surgery. Bisa dibawa hasil MRI-nya. Ini profilnya: http://physioconnectionz.com/calvin.html

  91. Hi mbak elinsky, mau minta rekomen dr.onkologi di NUH, SGH… Sy didiagnosa kena Liposarkoma diperut dan menempel diusus besar dan pembuluh darah besar. Dan rekomen dr.bedah khusus perut dan berapa estimasi biaya disana mbak. Terimakasih atas infonya…

    • Hi Mbak Yesi,

      Mbak Yesi bisa kosultasi dengan spesialis bedah onkologi di NCCS. NCCS merupaka pusat rujukan kanker di Singapura. Kumpulan onkologinya juga yang paling banyak.

      Apabila Mbak Yesi ingin mengetahui lebih detail mengenai dokter dan NCCS, dapat menghubungi saya di 081320252525 atau email ke jakarta@singmedic.com.

      Semua informasi dan pelayanan yang kami berikan gratis dan tidak ada biaya tersembunyi.

      Untuk Mbak Elina, maaf saya baru aktif lagi. Terima kasih sudah diizinkan komen disini.

      Septi

  92. malam bu elinski, saya vania… tolong ibu dibantu rekomen dr. tht, lebih spesifik di bagian pita suara…
    saya dr april 2013 terkena infeksi pita suara dan pita suara saya tidak bs menutup sempurna. jika berbicara cepat nyeri pita suaranya, dan bisa kadang2 1 minggu tidak bs bicara. tht saya di indo msh blm tahu penyebabnya, terakhir didiagnosis laryngitis akut dan peradangan di pita suara… sampai sekarang penyakit saya blm sembuh, dan range vocal saya tambah menurun. dr. indo menyarankan u/ cari second opinion di sg..kemarin di endoscopy di indo juga belum menutup pita suaranya. mohon bantuannya trimakasih

  93. Elinsky,
    Mau tanya dong….sy sakit kelenjar batu ludah atau sialolitiasis, blh minta tlg utk rekomendasi utk dokter bedah dan RS yg bagus siapa dan RS mana di singapore trus biayanya brp …tlg infonya yh… makasih sebelumnya

  94. Hi mbak..
    Saya yanty.. mo tanya nih.. bapak saya (61 tahun) punya kista di alat kelamin. Saran dari dokter di jakarta dibawa ke singapore.. katanya di singapore kista bisa dihilangkan tanpa operasi.. boleh minta info RS n harganya? Terimakasih ya mbak…

    • @ Yanty: saya cari2 info di web, yg namanya kista hanya bisa dihilangkan dengan cara diangkat atau isinya dikeluarkan via kateter. Saya juga pernah punya kista di alat kelamin (Bartholyn’s cyst), tanpa anestesi hanya dikeluarkan cairannya dan dipasangi kateter 5 hari supaya cairannya habis terbuang. Begitu kateter terpasang, langsung pulang. Mungkin ini yg dinamakan tanpa operasi?

  95. Mbak..commentku knp gak dibalas mbak?aku mnantikan balasanmu stiap hari. Tolong lah mbak.. :-(

    • Dear, ada rekomendasi untuk dokter tumbuh kembang anak, anak sy umur 8 th didiagnosa mengalami general delay & keterlambatan mental
      terima kasih

  96. halo, informasinya bagus banget. Istri saya dirawat di BMC Bogor, Azra Bogor toal 15 hari belum sembuh juga. Direkomendasi ke RSCM tapi prosedurnya njliimet dan melelahkan. Ada informasi mengenai GERD dan pemeriksaan Colon menggunakan PILLcam?

    • @ Laresolo: saya rentan GERD (setahun ini sudah kena 2x). GERD gampang ngobatinya – minum obat maag Omeprazole atau Prednisone sesuai anjuran dokter atau pharmacist. Hindari pedas, gorengan dan makanan2 lain yang sifatnya asam (citrus, dsb). Biasanya dalam 1-2 minggu GERD-nya sembuh. Ketika sehat, rajin2 minum 2 sendok teh cuka apel (apple cider vinegar) yang dilarutkan di air tiap hari untuk menetralkan asam lambung.

  97. Elinski,
    Tlg jawab dong pertanyaan aku…tiap hari aku tunggu jawabannya…aku sakit kelenjar batu ludah atau sialolitiasis mau tny dokter yg menanganin dokter apa dan nama dokternya siapa di RS SGH atau NUH…kl biaya operasi sekitar brp yh? Tlg infonya yh…thx alot

    • @ Naya: Sorry aku belon jawab. Karena aku nggak familiar dengan kasus seperti Mbak dan aku bukan ahli medis, aku berharap bahwa dengan publish comment Mbak akan ada orang yg pick up comment Mbak and bantu jawab seperti SingMedic di Indonesia or something. Mbak sudah coba hubungi mereka atau cari info di google? Profil dokter2 rumah sakit pemerintah di Singapur beserta area spesialisasi mereka semuanya bisa dicari di google (saya pun dapat info-nya dari situ), dan kalau pun apa yang Mbak cari tidak ketemu, bisa hubungi perwakilan seperti SingMedic atau hubungi international patient liaison center mereka, yang info-nya ada di website. Sekali lagi, saya bukan ahli medis, jadi please please jangan tunggu info dari saya u/ mencari solusi medis.

      • Mbak Naya,

        mudah-mudahan dapat sedikit membantu. Kebetulan beberapa waktu lalu, kami menangani pasien dengan keluhan seperti Mbak Naya. Kami rujuk pasien tersebut ke spesialis bedah kepala dan leher di SGH. Saat ini, pasien tersebut telah sembuh setelah dioperasi.

        Untuk informasi mengenai perkiraan biaya dan dokter, Mbak Naya bisa japri kami di jakarta@singmedic.com atau telp ke 021 3410 1000.

        Semoga membantu,

        Septi

      • Hi..mb elinski..
        Sy mau nanya kalo untuk dr.di NUH untuk ahli batu empedu dan cara penangananya..
        Sy sudah 1 thun ini ada batu dlm kantung empedu…umur sy 40thn…disarankn dr di sini melakukan tindakan endoscopy utk keluarkn batunya…tp sy mau second opinion…
        Trims infonya mb

  98. Mau nanya nih,RS yg bagus buat saraf di penang di mana ya?saya srg ngalami ngliyeng2 ga jelas nih soalnya…udah pernah MRI dan cek up di indo ga ada masalah apa2 katanya…mohon bantuan infonya ya…thank’s…

    • @ Handra: ngliyeng2 ga jelas itu bukan selalu masalah dengan otak loh … itu bisa karena urat di leher/pundak kenceng (stiffness), kekurangan vitamin B12, hypothyroidism, anemia, gula darah rendah, dsb. Saya nggak heran kalau MRI tidak menunjukkan hasil apa2. Bbrp bulan lalu saya bawa mama saya u/ cek ke Prof. Einar Wilder-Smith di NUH Singapore u/ masalah yg sama. Cuma disuruh tes darah di Jakarta, dan ternyata mama saya hanya kekurangan vitamin B12.

  99. NUH so far oke menurut gw. Anak gw akan operasi tulang panggul disana. Biaya RSnya sangat2 affordable, kurleb dengan biaya operasi disini. Dokternya baik banget, menjelaskan dengan detail, sabar dan melegakan. Untuk KK Hospital, hati2, karena saya second opini disana juga, setelah cek harga, 3x lipat dari NUH, mungkin karena KK Hospital RS swasta? atau mungkin karena gw foreigner? tapi NUH tidak segila KK hospital biaya operasinya.

    • @Mywedduti: biaya operasi tergantung dari jenis kamar yg didapat (kalau perlu rawat inap), senioritas dokternya, dan test2 lain / obat2 yg perlu dijalankan sebelum/sesudah operasi. Setahu saya harga dua RS ini setara kalau tindakan medis, senioritas dokter dan jenis kamarnya sama.

  100. Anggita Asmara D

    Syalom
    Hai kak, namaku Anggita… Mau mnta tlg rekomendasi nama doktr spesialis rheumatoid arthritis (RA) yang bagus n murah. Sejak September 2013, ibuku mengidap RA dan skrg jari-jari tangan kanannya bengkak dan bengkok. Tgl 25 Feb 2014, ibu sdh disuntik dgn hrga 12 jt tp tdk ada perkembangannya. Setiap hari ibu kesakitan di semua persendiannya. Bapak ibuku hanya guru SMP swasta tp kami sangat menginginkan ibu bisa sembuh meskipun hrs menjual rumah. Sy sdh mencoba browsing ttg dokter spesialis RA di NUH sesuai saran kakak, tp yg muncul hanya nma 2 dokter dri Mount E. Trima kasih kak, Tuhan Yesus memberkati :)

  101. sangapan sinambela

    Salam,
    Mohon petunjuk ya.
    Mau tau ttg dokter bedah digestif di NUH dan kisaran biayanya.
    Pertama saya mau jelaskan kondisi ibu saya, skrg ini terbaring di rs.columbia asia medan. Sekilas perjalan pnyakitnya dulu ya, oktober 2013 kmren dia dibedah di jogjakarta untuk angkat kantung empedu n usus buntu. Dalam proses trnyata ada perlengketan di usus yang mengharuskan dokter untuk membuang skitar 70 cm ususnya. Pasca operasi, setelah hmpir sebulan di jogja beliau pulang ke pematang siantar sumatera utara. Seminggu di rumah trnyata ibu saya justru mual n muntah2 dan mencret terus. Akhir november sampai akhir february ibu saya dirawat di rumah sakit columbia asia, saat itu keluhannya sudah teratasi meskipun berat badan sudah menurun drastis. Tapi semangat ibu saya masih tinggi. Setelah pulang ke rumah, trnyata setelah 5 hari justru keluar feses dari vagina. Akhirnya saya bawa ke rs.columbia lg.setelah seminggu observasi, rontgen sampai CT Scan…dokter bedah digestifnya tidak menemukan sumber kebocorannya. Menurut dia ini perut ibu harus dibongkar lg, tpi dia justru seperti enggan (menolak scara halus) untuk mngambil tndakan bedah. Dokternya malah bilang supaya dibawa lg aja ke jogja, atau cari dokter yg ahli (secara di jg ahli bedah digestif). Kecewa, marah..campur aduk mlihat kualitas dokter kita. Dokter bilang ada kecurigaan ada kanker ganas, padahal hasil PA ibu saat di jogja menyatakan bahwa tidak ditemukan tanda keganasan. Sekarang yg keluar dari vagina bukan cuma feses, tpi jg darah. Sampai. Harus tranfusi untuk naikin HBnya. Kondisi ibu sekarang msih bisa jalan, tpi kakinya tlalu lemah akibat terlalu lama di tmpat tidur. Tetapi msh bisa dengan bantuan kursi roda.
    Pertanyaan saya, kira2 msh memungkinkan kah untuk dibawa ke singapura dgn kondisi itu, bagaimana kualitas dokter bedah digestif di NUH, biaya yg hrus saya persiapkan, bersediakah pihak RS jmput dgn. Ambulance dari bandara ke RS?
    Mohon bantuannya ya secepatnya….Terima kasih!

    • Halo Pak Sangapan Sinambela,

      Semoga informasi yang akan saya sampaikan dapat membantu.

      Jika saat ini ibunda Bapak sedang dirawat namun ingin ke Singapura untuk medical treatment, maka kemungkinan ibunda Bapak memerlukan penanganan evakuasi medis. Evakuasi medis berarti ibunda Bapak akan didampingi oleh dokter dan perawat yang telah terlatih untuk menjamin keselamatannya selama perjalanan ke Singapura.

      Namun apabila ibunda Bapak tidak membutuhkan peralatan medis untuk menunjang kesehatannya dan dapat duduk selama kurang lebih 2 jam, maka ibunda Bapak bisa langsung terbang ke Singapura tanpa didampingi oleh tim evakuasi medis.

      Kami pernah menangani kasus dimana feses maupun darah keluar dari vagina, beberapa memang terkait dengan sistem pencernaan namun ada juga yang tidak. kami dapat merekomendasikan dokter yang tepat untuk menangani permasalahan ibunda Bapak namun kami memerlukan rekam medisnya.

      Rekam medis tersebut nantinya akan kami teruskan ke dokter untuk direview dan untuk menentukan rumah sakit terbaik yang dapat menangani permasalahan ibunda Bapak. Bila memang ada kecurigaan yang mengarah ke kanker, maka rumah sakit yang terbak adalah National Cancer Centre Singapore ( NCCS). NCCS merupakan bagian dari Singapore General Hospital, merupakan pusat rujukan kanker yang terbesar dan terlengkap di Singapura. Namun jika bukan kanker, maka ibunda dapat ditangani disemua rumah sakit umum termasuk NUH.

      kami dapat juga menginformasikan perkiraan biaya, mengaturkan rawat inap dan penjemputan dengan ambulance. Semua informasi dan pelayanan yang kami berikan tidak dipungut biaya, melalui kami atau langsung ke rumah sakit dijamin tidak ada perbedaan biaya.

      Untuk informasi lebih lanjut, Bapak bisa japri saya di septi@singmedic.com.

      Semoga membantu

      Terima kasih.

      septi

  102. mbk…saya punya yang baru berumur 6 tahun awalnya normal2 aja begitu terkena panas terus kejang sampai 7 hari gk sadar di r.s.u.d. tuban jatimur. maklum mbk saya dan istri orang tak punya akhrnya anak di vonis kena radang otak. sampai skr anak saya gk bisa jalan dan gk bisa bicara. adakah di rumH di rumah sakit singapura yang mw bantu anak kami dia satu2nya putri kami ekonomi kami pas2 an mbk tolong juga bagi temen2

    • Herman, pengobatan meningitis di Indo dan SG sama saja, kalau bacterial meningitis pakai antibiotic dexamethasone dan kalau karena virus hanya diberi Penurun panas dan Infus. Membawa anak ke SG dalam kondisi skrg malah bs beresiko komplikasi kalau Ada penumpang lain yg sedang tdk sehat. Selama skrg sudah ditangani pihak RS dan sdh diberi obat, kt cm vs berdoa supaya badan anak bapak jd kuat u melawan penyakitnya. Ada yg bilang ekstrak kulit manggis membantu, silakan google infonya. Semoga anak cepat sembuh Pak

  103. Maaf sblmnya apa di NUH pernah menangani kasus oprasi bedah plastik pasien penderita filariasis,.ato kaki gajah?? Kedokter siapa saya harus berkonsultasi masalah biaya operasinya+prosedurnya,buat bahan pertimbangan krn kondisi kaki saya sdh mengalami pembengkakan dan disarankan untuk dioprasi.trimakasi

    • Dear mbak Elinski,

      4 bln yg lalu saya mengalami kecelakaan yg menyebabkan patah tulang kering depan & belakang / tibia & fibula di kaki kanan (open multiple fractures). Malam setelah kejadian saya langsung menjalani operasi pemasangan pen dgn total 2 pen dan 16 mur yg terpasang di kaki kanan saya.

      Tiga minggu pasca operasi, saya rutin menjalani fisioterapi sebanyak 3x setiap minggunya. Alhamdulillah perkembangan kaki kanan cukup baik, walaupun sampai skr kaki kanan saya masih dilarang untuk menapak oleh ortopedi saya, dikarenakan tulang2nya blm menyambung. Selain itu, krn sebagian besar syaraf di pergelangan dan telapak kaki kanan rusak, sehingga menyebabkan kemampuan gerak dasar di area tsb (termasuk jari2 kaki) menjadi sangat terbatas, bahkan di bbrp bagian masih baal/mati rasa.

      Pertengahan juni nanti saya akan pindah dan tinggal di singapura (ikut suami), sehingga otomatis fisioterapi pun akan dilanjutkan di sana. Untuk itu saya mohon bantuan informasi dari mbak mengenai tempat / rs / klinik yg menyediakan fisioterapi yg bagus dgn harga yg sangat terjangkau (baca: murah :D). Sebagai gambaran, biaya fisioterapi saya di jkt (sudah termasuk konsul dokter rehab medik dan tindakan laser/ultrasound therapy) untuk sekali kunjungan berkisar 400 rb-550rb. Saya harap biaya fisioterapi di singapura juga akan ada di range harga tsb, amiiiin.

      Ohya, selain itu saya juga mohon informasi ortepedi yg bagus dan murah di singapura, jikalau nanti saya menjalani operasi pelepasan pen (estimasi ortopedi saya adl 2thn pasca operasi).

      Saya sangat berterimakasih atas saran dan masukan dari mbak elinski.

      Best regards,

      • @Wilma, maaf reply-nya lama, semoga belum telat. Saya punya musculoskeletal physioterapist yg bagus di SG, namanya Calvin Sim dan details-nya disini: https://www.facebook.com/PhysioConnectionz . Tarifnya $90/visit. Ini reasonable, banyak klinik lain yang charge $120/visit. Ada juga RS pemerintah yg charge $75-90/visit tp harus atas referensi dokter ortopedis dsb, ribet dan jadi ada biaya tambahan konsultasi dokternya. Kalo dokter ortopedis nanti bisa tanya ke dia enaknya dengan siapa. Calvin dulu pernah pegang physio di Mt. Alvernia hospital and Alexandra Hospital. Anak saya sih dulu pernah bedah tulang di NUH and we’re really happy with the results.

  104. Halo Elinski,

    saya mau ajak papa saya check up ke NUH, keluhannya sering kesemutan di tangan dan kaki lemas… belum tau nih setelah check up harus diperiksa ke spesialis apa..
    kalau di NUH enaknya tinggal di mana ya? ada rekomendasi hotel/cottage yang bersih dan nyaman?
    trims ya.

    • @ Lily, apakah papa sudah dicek di Indo? Apa diagnosanya? Lemes dan kesemutan bs akibat tekanan darah rendah (seperti saya) or efek samping menahun dari kemoterapi (spt bapak saya). Bisa cuma karena kurang B kompleks doang. Saya rasa terlalu dini u pergi ke singapur hanya karena kesemutan … Mending cek dulu di Indo :-)

    • @ Lilyana: kesemutan dan kaki lemas itu bisa karena hal sederhana seperti tekanan darah rendah, kurang olahraga, atau kekurangan B kompleks. Mendingan minta cek darah dulu aja di Jkt drpd jauh2 ke Singapur :-)

  105. Dear mba Elinski… Trimakasih akhirnya saya menemukan blog ini….
    Saya sedang mencari kan dokter tulang yang bagus d singapur atau malaysia, untuk lutut ibu saya, yang kalau turun tangga lututnya suka sakit, sehingga beliau tidak suka jalan dan hanya duduk2 saja, saya kasihan sekali dengan konsisi ibu saya, apakah mbak Elinsky bisa mereferensikan dokter tulang yg bagus untuk lutut ibu saya d mana, dan yang sabar karena ibu saya takutan sekali ke dokter. Trimakasih sebelumnya, semoga Tuhan membalas kebaikan anda..

  106. Hai Mbak Diana,

    Saya bantu sedikit ya. Untuk permasalahan ibunda Mbak Diana, bisa dikonsultasikan ke dokter spesialis ortopedi dengan subspesialisasi adult reconstruction service.

    kalau di Malaysia, ibunda Mbak dapat berkonsultasi dengan spesialis ortopedi yang umum, karena memang disana belum terbagi dalam sub spesialisasi seperti Singapura.

    untuk informasi lebih lanjut mengenai dokter baik di Singapura maupu Malaysia, Mbak bisa japri saya lebh lanjut di jakarta@singmedic.com atau septi@singmedic.com atau telp di 021 3410 1000 / 0813 20 25 25 25.

    Semoga membantu. Terimakasih.

    Septi

  107. Mbak Elinski salam kenal. Saya mau minta rekomendasi RS di Singapore untuk medical check up suami. Sudah pernah MCU di indo dan punya hasil lab. Tp kami ingin yg lebih akurat krn di indo hanya cek lab lalu konsul dokter saja. NUH recommended gak mbak? Ada dokter yg bisa direkomen di sana? Ada rencana juga ke Penang tp kami masih mencari info.

    Thanks mbak. Ditunggu reply-nya. :)

    • @Tata, kalau sekedar reguler check up saya recommend di Indo aja. Kemaren mama saya pergi ke neurologist si SG aja akhirnya cuma disuruh cek darah di Jakarta aja spy follow up gampang :-)

  108. yuliana huang

    Hai mba elinski,

    Kakak saya ada benjolan di paha dan minggu lalu baru mri dan konsultasi di darmais..divonis kena liposarcoma. Bisa bantu kasih rekomendasi harus ke dokter mana di NUH?kira2 biaya konsultasinya brp yach?tolong dibales yach pertanyaanku..

    Thx

    • @ Yuliana, kalau kanker saya lebih recommend ke NAtional Cancer Centre yang spesialisnya paling banyak. Mungkin bisa hubungi Septi di Singmedic septi@singmedic.com krn dia juga representatif National Cancer Center? Dia lebih tau dokter2nya :-) At least ada dua surgical oncologist di sana yg khusus nangani liposarcoma.

  109. Sist sy mau tanya dokter bedah anak di Nuh dan biaya perawatan sebelum op dan pemulihan rencana anak sy umur 3 tahun mau op limfa kondisi limfa s7 platelet low 20.000 dokter Indonesia bilang sakit thalasemia tolong bantu infonya sist kalau bz secepatnya trimakasih

  110. hai mbak elinski,
    om saya psa nya tinggi banget 891…dokter surabaya menyarankan operasi katanya kemungkinan kanker prostat tergolong ganas,skrg om saya umurnya 69 tahun. bisa minta tolong info dokter urology yg bagus gak di singapura ato di penang…terima kasih sebelumnya

    • Hai Mba Lily Ang,
      Boleh berbagi pengalaman ya Mba..

      Saya pernah menangani klien dengan masalah yang sama seperti omnya Mba. Waktu itu dia konsul ke Singapore General Hospital dengan Dr. Tan Yeh Hong. Setelah diperiksa ternyata bukan kanker. Menurut pasien yang mengutip penjelasan Dr. Tan, PSA memang salah satu indikasi kanker prostat tapi untuk memastikannya perlu dibiopsy terlebih dahulu.

      Untuk informasi lebih lanjut tentang dokter di Singapura maupun Penang, mbak bisa japri saya di septi@singmedic.com atau jakarta@singmedic.com. Atau telp ke 021 3410 100 atau 0813 20 25 25 25 ( diluar jam kerja), bisa juga add pin bb kami : 2B04E77A.

      Semoga dapat membantu Mba Lily….

      Terima kasih

      Septi

  111. Hai Elinski…
    Mau tanya untuk kasus benjolan di payudara di sing lebih prefer ke NUH atau SGH ya ? Dan dr yg menangani siapa ya ? ( di sby n jkt disarankan utk operasi dan harus dipatologi utk mengetahui ganas tidaknya benjolannya)… Thanks

    • @ Sonya: lihat komen saya sebelumnya tentang benjolan di payudara. Saya pernah operasi yg persis sama di Jakarta. Datang jam 8 pagi, dioperasi, jam 10 bangun, jam 11:30 dah pulang. Ini operasi sangat sederhana, dan anda hanya buang2 uang kalau melakukan ini di Singapur. Bukan hanya biaya operasinya lebih mahal, tapi biaya nginap sambil nunggu hasil patologi keluar (3-4 hari) + biaya makan + biaya pesawat … itu ribuan dolar loh, atau puluhan juta. Di Indonesia prosedur ini biayanya tidak sampai 10 juta di RS swasta termahal.

  112. Saya mau minta rekomendasi dokter spesialis darah di singapura tapi yang sering menangani kekentalan darah. Atau dokter kandungan yang berpengalaman dengan kekentalan darah saat kehamilan (banyak dokter yang gak percaya ttg kekentalan darah saat hamil).

    Sudah cari2 sih di SGH tapi saat baca profil dokternya gak ada yang mengenai blood clot.

    Masalahnya terlanjur ikut suami tinggal di Sg, disini dokter mahal banget.

    Terimakasih ya.

    • @Nia: mungkin coba kontak SingMedic di Jakarta, karena saya juga nggak tau soal ini daripada saya salah recommend dokter?

      • @elinski thanks ya, kemarin sudah ke sgh tapi dokternya sinis banget. Dia heran kenapa orang Indonesia suka sekali kesini dengan pertanyaan blood clot – kehamilan. Saya bilang ikut suami bekerja disini bukan jauh2 terbang dari Indonesia untuk berobat. Katanya lagi dia heran hematolog saya di Jkt menyuruh saya test2 seperti ini. Apa maksudnya, dokter di Jkt salah gitu??? Aduuhh saya sih senang aja kalau ternyata sehat tapi mana saya tahu??? Saya kan pasien makanya ke dokter untuk bertanya.

        Kapok saya ke dokter tanpa cari2 rekomendasi, udah bayar mahal dijutekin, gak dapat informasi yg saya butuhkan pula.

      • @Nia: memang ada dokter2 di SG yg bener2 ga percaya sama hasil tes di Indo and minta semuanya diulang. Bisa juga karena tesnya sudah cukup lama, perlu diulang. But dr pengalaman saya, selama pregnancy berkembang normal, anda tidak perlu terlalu khawatir. Saya emergency c-section dan ketika bayinya sudah keluar dokter bilang ada banyak darah kering dalam rahim saya … either saya punya endometriosis atau blood clot yg rupture sudah cukup lama (krn jelas bukan darah segar hasil caesar). Jd selama hamil itu saya punya kista / blood clot tp ga terdeteksi sama sekali, and toh saya dan anak sehat2 aja. Hopefully it’s the same case for you.

  113. Sy cari dokter Utk pengobatan suami sy yg azospermia?? Yg bagus? Dmna
    Ada rekom ? Makasih ya sblmnya

    • @Pink: aku google, hanya sedikit dokter di SG yg mau coba treat azospermia (krn di antara dokter2 Singapur, konsensusnya adalah azospermia itu untreatable), diantaranya: dr. Rolang Chieng di Singapore General Hospital, Prof. Chia Sing Joo di Tan Tock Seng Hospital. Ada juga yg namanya Prof. Christopher Chen tp aku kurang pasti di hospital mana. Mudah2an membantu

  114. Hi Mbak Elinski,
    Papa saya penglihatannya sudah lama kabur dan kalau sudah malam hampir tidak jelas melihat apa2. Sudah operasi laser 4 x dan 2 x injeksi obat di jec dan rs nusantara, tp belum ada peningkatan yang signifikan. Dokter dsn sudah hampir angkat tangan mbak buat memperbaiki penglihatan papa saya. Apa ad dokter mata di singapur yang bagus dan bs memberi alternatif pengobatan buat mata papa saya? Papa saya sdh umur 65 tahun dan ad diabetes dan darah tinggi, tp sudah dikontrol dgn obat.

    Terima kasih sebelumnya atas bantuannya ya mbak.

    • Hi Edo, saya bukan ahli medis dan pendapat saya ini sekedar pendapat orang awam. Ada beberapa teman saya yang laser surgery, belakangan ada 2 yang hasilnya tidak menggembirakan, dan u/ dikoreksi harus tunggu setidaknya 3-6 bulan sampai bekas operasi lamanya benar2 sembuh. Ada batasan berapa kali seseorang bisa dilaser matanya, dan kalau sudah 4x saya personally ragu apakah mencoba laser surgery lagi bisa membuat situasinya lebih baik …. mungkin Mbak Septi (singmedic) lebih ngerti and bisa kasi saran yg lebih profesional? Coba kontak septi@singmedic.com

  115. Hai Elinski, aku minta bantuan informasinya. Anak saya baby boy usia 1 thn, di diagnosa testis kiri nya blm turun. Sedangkan yg kanan normal. Istilah kedokteran Undescended Testicle ( UDT ). Sudah kami usg 2x hasilnya tdk keliatan posisi testis itu ada dimana ?.
    Menurut dokter kalo usg tdk keliatan, mgkn posisinya di belakang perut dsbnya, shgnya hy bs dipastikan melalui MRI. Sebenarnya aku kasian dgr baby boy harus MRI, krn itu hrs bius total kan.

    Menurut dokter anakku di Indo, satu2nya cara harus di MRI spy tau apa memang cuma terlahir 1 saja ? Kalo 1 saja tdk masalah dan tdk perlu bedah. Tapi kalo sampe ada 2 namun blm turun ini hrs dibedah. Krn kalo didiamkan sampe diatas umur 2 thn, maka lama kelamaan akan menyebabkan kanker .

    Setelah diskusi keluarga, disarankan MRI di singapore. Apakah ada saran alat MRI paling canggih di spore di rs mana dan dgn dokter apa ?

    Seadainya hsl MRI harus bedah, apakah ada suggest dokter yg bagus untuk kasus UDT itu di rs apa dan siapa nama dokternya ?

    Sekian dan mohon bantuannya
    Terima Kasih banyak
    Salam hangat

    • Hassan, Ridwan

      MRI yang paling canggih saat ini ada di RS Abdi Waluyo, Menteng Jkt.
      Mudah2an dapat membantu.
      Salam, rh
      P Save a tree…please don’t print this e-mail unless you really need to.

  116. Bos saya maubtanya dr.obgyn terbaik jakarta untuk masalah infeksi di reproduksi

  117. Hai elinski, papa teman saya ada benjolan di leher yg cukup besar. Diagnosis dokter itu skuomosa. Beliau sudah beberapa kali dilakukan tindakan radiasi dan kemo tp tidak kunjung mengecil. Bahkan belakangan benjolan tersebut tambah terasa sakit dan saat diperiksa ke dokter, dikatakan tambah menyebar. Apakah ada info untuk dokter rujukan di sing utk kasus serupa? Terima kasih

  118. Papa saya divonis dokter di Surabaya menderit tumor di ginjalnya. Boleh minta saran dokter yg bagus di Singapore utk masalah tsb? Thanks before

  119. hello elinski, saya punya anak yang cacat sumbing bibir sejak lahir (hanya bibir saja dan itupun sedikit sekali, hanya 1/2 cm saja ) saya ingin menanyakan rumah sakit dan dokter bedah plastik di singapura untuk case anak saya kira2 siapa ya.. bisa kasih info gak? saya ingin hasil operasinya benar dan sempurnya seperti bibir normal dan juga tidak meninggalkan bekas lukanya. mohon infonya.

  120. Armein Niemra

    Mba..anak saya umur 2 bln,di diagnosa dgn laringotracheomalasia type 3, anjuran dari dokter disini konservatif. Tp kalo mau di operasi juga bs kata dokternya, tp di indonesia blm ada alatny mba. Anak saya hrs operasi laser untuk laringnya dan di pasang stent untuk traheanya yg kolaps saat inspirasi. Di sini sdh di bronchoscopy, kelainan yg lain tdk ada mba. Dokter disini menganjurkan klo operasi yg paling bgs ke taipe(taiwan). Saya butuh informasi untuk operasi itu mba(dokter anak respirologi dan tht). Trima kasih banyak ya mba

  121. hi mba Elinski,saya pengen tanya shinshe untuk infertility di sg yg harganya g terlalu mahal dan lumayan bagus kira2 dimana ya..

  122. mba…anak saya usia 6 thn, dia 6 bln terakhir suhu badannya anget/tdk pasas/lebih panas sedikit dari suhu biasanya, anak saya sgt sensitif baik thd bau makanan, apalagi bau yg gak enak, langsung muntah sejak bayi, dari usia 3 bln sdh mulai mengkakukan kakinya (seperti kejang) usia 2 thn saya periksa di rs spesialis anak sub spesialis syaraf dan di eeg hasilnya normal, usia 4 tahun mulai tk, termasuk anak yg hyperactive, sempat sakit panas sampai suhu 42. selama sekolah memang selalu mengeluh sakit perut, stlh ke beberapa dokter anak tdk ditemukan apa2, usia 5 tahun saya pindahkan sekolah keluhan sakit perutnya hilang, masuk ke 2 bln mengeluh sakit perut lagi, diperiksa ke dokter anak tdk ditemukan apa2, hanya ada indikasi stress, smpi akhirnya sering pusing di sekolah, lalu berlanjut tiap malam kejang (tanpademam tinggi), ke dr spesialis anak sub syaraf, di eeg dan mri, diagnosa dr epylepsi parsial kompleks, klu saya mau berobat ke singpore, baiknya di rs mana dan dengan dr siapa? saat ini masih berobat jalan, penggunaan obat depakene, topamax dan kepplar menginjak 3 bln, mohon bantuannya, terima kasih

  123. Marjeni Maniran

    Min, mau tanya nih, saya ada benjolan di kaki, dokter bilang hemangima, sudah ada sejak sy kecil skrg sudah umur 23 thn. benjolanx lbh besar dr uang logam Rp.500. kira2 klu di oprasi di Singapore biaya keseluruhan brapa ya (oprasi+kamar)? trus dokter yg bagus itu siapa ya? soalx dokterx blg katax di indo alat untuk oprasi cuma ada d Jakarta klu di Indo, tp katax klu mau oprasi lbh bagus d Singapore krn klu oprasi katax bahaya tkut pmbuluh darah pecah. tolong d jawab ya? trima kasih…

  124. Mbak numpang nanya mbak.. Saya udah periksa di indo dan di melaka,saya mengidap achalasia. Kira2 berapa ya mbak biaya operasi achalasia di NUH..

  125. dear mba elinski

    sy ingin brtanya tentang pacar sy yg mngalami kebocoran pd lambungnya, awalnya penyakit itu d ketahui wktu berobat ke RS BHAKTI TIMAH di bangka. pacar sy trpuruk skali n sy jd ikut sdih mndengarnya. krn kami brencana mnikah dlm wktu dkat ini. Akhirnya dkter di RS tsb m’recommend pacar sy utk brobat ke Mount E.. yg d tangani oleh tmn dr dkter tsb. Sbab mnurut saran c dkter jika brobat d RS trtentu di jakarta justru biayanya lbih mahal krn dkter yg mnanganinya jg dr singapur. sdangkan klw k singapur hnya mahal di ongkos.

    yang ingin sy tanyakan, benarkah hal tsb?
    brp biaya yg akan di keluarkan utk penyakit trb?
    kira2 brp hari proses pengobatannya brlangsung hingga bs pulang kmbali ke tnh air?
    krn sy disini blm bs mngetahui kbr dsana.. terima kasih mba elinski.

  126. Dear mbak elinski

    pacar sy di diagnosa dkter ada kebocoran pd lambungnya. Awalnya hnya berobat jln aja ke RS BHAKTI TIMAH di bangka. Tp akhirnya di recommend dokternya utk berobat aja ke ME Hospital. Yg ingin sy tanyakan.. butuh brp lama/hari penangannya? n butuh brp kisaran biaya yg d keluarkan? thx mbak..

  127. Mau tanya donk…adik saya sudah di diagnosa cancer payuddara..grade 3…hanya stadiumnya yg belum jelas…1A or 2A….tp dokter sudah sarankan radiasi sebanyak 24 x…saya berencana bawa ke singapore….dr ang peng tiam, dr karmen wong…or dr syaik ahmed di NUH….tp saya bingung dengan kondisi tsb maNa lebih dulu..ke mediacal oncology or surgical oncologist ? Thanks buat infonya

  128. hi elinski,

    sy ingin Tanya, dokter syaraf yg bagus apa ya di sgp ? mama saya hsl MRI otaknya byk bercak putih. ( dia hipertensi dan ada kolesterol ) sekarang kondisi badan sgt jd lemah, susah jalan sepanjang hari dan kadang2 ilang ingatan, pagi ingat klo di Tanya2, sorenya lemot ilang ingatan, ditanya jawabannya error dan lupa..

    thanks ya,
    Rini

  129. Dedi medan

    Selamat pagi …
    Saya berencana mau bawa keponakan ke Dokter anak di NUH..keluhannya
    Badan menguning dan bengkak sekarang lg dirawat di penang Malaysia
    Tapi kondisi makin turun…diagnosa dari dokter obstruksi biliaris ..tolong info siapa Dokter yg baik ya .

  130. Mbak elinski, slmt mlm wkt indonesia. Ibu saya didiagnosa ovarian cancer. Tadinya saya sudah gelap mata utk lgs ke mt eli, cm stlh baca blog mbak sy berusaha lbh bijak menilai situasi. Sepertinya yg dibutuhkan onkolog yg ahli di obsgyn, mgkn mbak bs bantu rekomendasi rmh skt dan dokter yg ahli utk bidang ini. Terima kasih bnyk utk bantuannya. God bless you.

  131. Dear Mba Elinski,

    Thanks blognya sangat membantu.

    Saya mau minta info untuk dokter ENT, yang khusus untuk penyanyi, masalah pada suara. Saya sudah cek dari website, ada dr Jeeve Kanagalingam di Mount Novena Hospital, dulunya dia di TTSH, tp saya cek website nya dia udah di novena. untuk cek up nya 180 SGD, mahal ya mba. hehe.. ada rekomendasi dokter yang bagus lagi gak ya mba? Yang bagus tapi yang lebih murah dari harga itu, yang recommended. saya cek di website lain, TTSH banyak dokter yang bagus untuk suara, tp saya gatau dokter2nya siapa, dan ada juga Khoo Teck Puat Hospital. Mohon infromasi rekomendasi rumah sakit yang ada dokter ENT yang specialize menangani pita suara khusus penyanyi ya mba.. Terimakasih. Oh iya problem nya, suara saya kalau sudah dipakai menyanyi sekitar 30 menit langsung mispitch, hoarseness, dan strained. di indonesia saya sudah 2 x pergi ke dokter ENT, tapi gak ada perubahan sudah 4 bulan masalahnya.

    Saya tunggu info nya ya mba..
    Terimakasih..

    Molin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s