ShangriLa Rasa Sentosa: Staff-nya Kok Lemot Ya?? (bagian 1 dari 2)

Beberapa weekend yang lalu saya dapat kesempatan nginep bareng suami di ShangriLa Rasa Sentosa Resort di Sentosa Island, Singapura. Saya sering mendengar tentang hotel ini, yang katanya a very good family resort bla bla.

Ketika bawa mobil masuk ke hotel, saya tanya petugas security-nya, “Excuse me uncle, where is the car park?”

Petugas security menjawab, “Why do you want to go to the car park, Ma’am?”

Saya (bingung …), “Errhhh… to … park my car??!?!!!?!?”

Ternyata, katanya, carpark itu hanya boleh digunakan tamu hotel, jadi saya harus check in dulu lalu menunjukkan kunci kamar ke security, baru setelah itu pintu ke carpark akan dibukakan. Tapi lucunya lagi, selama 2 hari disana saya melihat pintu carpark ini selalu dibukakan untuk semua mobil, tanpa melihat apakah mereka punya kunci kamar atau tidak, tanpa tanya-tanya…. oh, well ….

Anyhow, lanjut cerita, saya ke meja check in untuk masuk ke kamar yang reservasinya menggunakan nama suami. Saya bilang begini, “Hello. I am checking in for Mr. AAA BBB, corporate reservation under XXX Bank, checking out tomorrow. He is currently here in one of your meeting rooms, but hasn’t checked in.”

Saya juga memberikan nomor paspor dan telepon suami, kalau-kalau mereka masih nggak percaya keterangan saya. Tapi mereka tidak menggunakan nomor paspor atau menelpon suami saya untuk konfirmasi, malah mengatakan pada saya, “Ma’am, we have to ask you a few questions for security reasons.”

Saya tidak keberatan. Ini prosedur biasa. Tapi kemudian receptionist bertanya kepada saya, “Which company does your husband work for?”

Saya (bingung lagi, dan mulai pake singaporean english), “Aiyaaahhh…. told you many times alreadeeee ….. he works for XXX Bank … checking out tomorrowww!!!!!” Why don’t you just call him and ask if you don’t believe me??????

Receptionist: “Ahh… sorry Ma’am. I got it. We now need you to just sign this form and give us your passport so we can check you in. We will fill in the details in the form for you.”

Saya menyerahkan paspor dan menandatangan formulir check in. Lalu saya lihat receptionist dengan agak terburu-buru menyalin data diri saya dari paspor ke formulir check in. Dan beliau menulis 10 September 2007 (tanggal issue paspor saya) sebagai tanggal lahir saya, dan menulis nomor ajaib di bagian bawah paspor saya (tulisan >>>><<<<MJE19XXCV2975555HGT>>>>>> bla bla itu) sebagai nomor paspor saya.

Saya langsung minta formulir itu, mengurek-ngurek tanggal lahir dan nomor paspor, dan mengisi dengan data yang benar. Hebohnya lagi, receptionist itu bertanya dengan polosnya, “Anything wrong, Ma’am?”

Saya (mulai emosi karena proses check in itu tidak juga rampung setelah 15 menit lebih): “Do you honestly think I look like someone born in 2007 ????

Setelah puas mengurek-ngurek formulir dan mengembalikannya ke meja receptionist, sepertinya mereka juga mulai bete karena saya sudah kelamaan berdiri di depan mereka, dan akhirnya mereka bilang, “No worries Ma’am. Just ask your husband to come here at some point today to fill out this this check in form. It has to be his signature because the reservation is under his name. Here’s your keys, and enjoy your stay.”

Saya makin emosi lagi … , “If the check in form has to be under my husband’s name, why don’t you just say so some 20 minutes ago so you and I don’t have to go through all these lousiness?????”””

Saya geleng-geleng, menghela nafas, dan ngeloyor pergi untuk parkir mobil dan masuk kamar sebelum staf-nya membuat komentar bodoh lagi yang bikin saya tambah terbengong-bengong.

So much for expecting a ShangriLa standard of service …. (lanjut di artikel: “Kamarku di ShangriLa Rasa Sentosa”)

Leave a Reply

