Cara Ngirit di Amrik

Dua kali ke US (tepatnya Las Vegas, LA, Pasadena and Orlando) antara tahun 2003 dan 2006, lumayan ngerasain betapa mahalnya harga2 disana. Karena itu, saya mau bagi2 info gimana caranya to make the most of your holiday there tanpa bikin bangkrut. Mudah-mudahan berguna yaaa….🙂

Kalau ada temen-temen yang pernah tinggal atau mampir ke US punya tips lain, monggo ditambahin di comment ya ….😀

1. GETTING AROUND
Mobil yang standard bisa didapet mulai dari US$50-an per hari untuk unlimited mileage (belum termasuk tax dan surcharge), dan kalau anda berencana untuk banyak jalan, ini lebih murah dari naik taxi. Di US, ongkos taxi dari hotel ke shopping mall terdekat aja kadang bisa sampe US$20-30 sekali jalan … ya mending nyewa mobil lah!

Tidak seperti di Eropa, Hong Kong atau Australia, naik public transport di US ribet.

My recommended way to rent a car adalah dengan booking di http://www.budget.com atau http://www.dollar.com. Rata-rata airport international di US punya counter Budget atau Dollar, jadi begitu landing kita bisa langsung pergi ke counternya. Booking internet juga bisa.

2. WHAT TO SHOP
US tempat yang asyik untuk belanja pakaian dan asesories bermerek. Harganya lebih murah, macemnya juga lebih banyak. Ini berlaku tidak hanya untuk merek kelas atas seperti Ralph Lauren atau Brooks Brothers, tapi juga untuk merek mid range seperti Gap, Guess, Esprit dsb.

Buku dan CD di US juga menarik karena harga dan macemnya. Terutama u/ penggemar musik jazz, klasik dan contemporary christian music yang pilihannya di Indonesia terbatas banget, mahal pula!

Body care, cosmetics, obat dan vitamin tertentu juga lebih murah dari Indonesia. Sun screen, misalnya. Dan di sana ada banyak produk skin care dan body care yang nggak ada di Indonesia. Misalnya: saya penggemar kosmetik Almay, padanannya Clinique, yang nggak ada di manapun di Asia. Begitu ke US, borong satu tas🙂

Vitamin juga lebih murah disana, simply karena botolnya gede2. Worth it banget kalo beli vitamin yang akan kita minum rutin untuk jangka waktu yang lama.

3. WHERE TO SHOP
U/ barang2 yang bermerek, belanjalah di outlet mall / premium outlets. Harganya lebih murah dari butik dari merek tersebut, padahal barangnya seringkali sama. Yaaa…. mungkin beda 1 musim/season, tapi begitu barangnya kita pake di Indonesia, orang mana tau sih kalo yang kita pake itu barang dari fall season tahun lalu?

u/ suvenir yang lucu2 (i.e. LA t-shirt, gantungan kunci, tempelan kulkas, dllsb yang biasanya kita beli buat oleh2 sekampung), mendingan cari di Chinese or Hispanic shopping area. Cenderung lebih murah, and suka2 bisa nawar.

4. WHAT, WHERE AND HOW TO EAT

Porsi makanan di Amrik ‘tu luar biasa besarnya, kita yang Asia-Asia ini akan membuang banyak makanan (dan uang) kalau memaksa diri pesen 1 menu untuk 1 orang. Ada beberapa cara untuk mengakali hal ini:

  • Beli 1 macam makanan untuk 2-3 orang. Asli, satu porsi dewasa disana bisa 2-3x makan baru abis🙂 jadi mendingan di-share lah. Saya pernah makan 1 piring nachos (ukuran appetizer), dimakan bertiga dengan bokap + temen, dan kami bertiga kenyang tanpa pesan makanan lain.
  • Pesan kids meal u/ orang dewasa. Porsi kids meal disana cukup mengenyangkan u/ orang dewasa Asia. Tapi ada banyak restoran yang tidak membolehkan orang dewasa u/ pesen kids meal. Kalo saya sih ngotot… namanya saya customer, bayar, and jelas2 ga bisa ngabisin porsi yang segede gunung Merapi itu, saya biasanya bilang kalau saya nggak boleh pesen kids meal, saya cari tempat lain aja deh. Biasanya mereka nyerah kalo sudah begini🙂
  • Anak ga usah dipesenin makan (kalo anaknya 1-2 ya. Kalo anaknya 5 ya kasian….). Minta piring kecil supaya makanan yang anda pesan bisa dibagi dua dengan anak. Toh kita juga ga bakalan abis makan 1 porsi sendirian…
  • Pesen appetizer u/ main course
  • Jangan lihat dessert menu. Biasanya, di resto US kita akan selalu ditanya mau dessert apa enggak. Langsung aja saklek, “Enggak!”. Kalopun ngidam dessert, beli 1 macem aja u/ di-share dengan keluarga, supaya ga “blenger”, karena ukuran dessert di US besar banget
  • Untuk minum, order soft drink, iced tea, atau water – jenis2 minuman ini bisa refill semaunya. Kalo semangat “Indonesia”nya lagi keluar, pesen aja 1 minuman, tapi diminum rame2😀
  • Jangan biasakan anak u/ selalu pesen kids meal. Hampir semua restoran di US menawarkan kids meal, tapi menunya sama semua: cheeseburger, mac & cheese, fish and chips, dan segala macem fast food gorengan yang ga bergizi. Karena itu, lebih sehat (dan murah!) kalo anak kita makan sebagian porsi mama / papanya
  • Rata2 main course di restoran disajikan dengan side dish(es) seperti a big bowl of salad, macaroni and cheese, or bread. Jadi, sekali lagi, porsi ini cukup untuk berdua, atau bahkan bertiga.


5. ALAMAK, JANGAN SAKIT!!!!

Jangan lupa bawa obat u/ semua masalah kesehatan yang normal, seperti obat flu / diare / batuk / demam / pusing / pain killers / multivitamin / plester / betadine / obat anti alergi dllsb. Pokoke, hindari situasi dimana anda perlu pergi ke dokter.

Kalau anda akan travel untuk waktu yang cukup lama, misalnya lebih dari seminggu, saya sarankan check up ke dokter gigi sebelum pergi untuk memastikan bahwa gigi anda tidak akan bermasalah selama perjalanan.

Saya sempet ngerasain betapa mahal (and annoying-nya) sakit gigi di US and harus ke dentist… hilang 1 hari u/ dentist appointment. Ternyata saya harus cabut gigi, tapi kalo dicabut di US, selain mahal luar biasa saya juga nggak bisa nikmati makan selama 3 hari sisa perjalanan saya. Akhirnya saya bayar US$125 hanya untuk konsultasi 5 menit sama dokternya dan minta resep pain killer.

And jangan lupa makan buah (or drink lots of juice)… jangan sampe kita creeping di apotik u/ cari obat pencahar😀

6. DOWNLOAD SKYPE🙂

u/ anda yang punya broadband connection di rumah/kantor, dan akan sering kontak rumah/kantor selama travelling, worth it banget u/ download Skype (termasuk Skype Out Credit) and bawa laptop supaya bisa telpon2an gratis selama pergi. Sebisa mungkin, cari hotel yang kasi free internet connection ya. Rata2 Mariott hotel (baik yang THE Mariott hotel atau kelas di bawahnya seperti Courtyard hotels) kasi fasilitas free internet. Kita jadi bebas roaming, ga perlu pake telpon atau beli kartu SIM lokal😀

Itu dulu ya – kalo kepikiran yang lain, saya posting lagi dah!

2 thoughts on “Cara Ngirit di Amrik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s