This is how I plan to use my one vote for Pemilu Legislatif 2014 :-)

Lima tahun lalu saya golput karena malas daftar Pemilu di kedutaan Indonesia. Tapi tahun 2014 berbeda – KBRI Singapura secara otomatis mendaftarkan tiap orang di database mereka untuk ikut Pemilu. Saya juga bisa memilih via pos. Jadi saya nggak ada alasan untuk nggak milih lagi🙂

ImageSo I plan to use my voting right. But I only have one vote, and this is how I plan to use it:

  1. Background check para calon (legislatif maupun eksekutif) di daerah pemilihan (Dapil) saya. Dari kedua belas partai. Yep!
  2. Saya tidak mau nyoblos partai. Saya tidak percaya satupun dari kedua belas partai di tingkat nasional. Di tiap partai, so far, saya lihat ada caleg yang crooked dan credible. Hanya menyoblos gambar partai berarti menyerahkan hak suara anda kepada partai tersebut untuk menempatkan “anak emas partai” di kursi DPR / DPRD.
  3. Saya akan menyoblos individu yang loyal pada prinsip dan misinya, bukan yang loyal pada partainya. Darimana kita bisa tahu hal ini? Tidak terlalu sulit. Orang yang setia pada “panggilannya” biasanya punya track record yang konsisten dalam memerjuangkan hal tertentu, tidak peduli jabatan atau partainya.  Dalam beberapa kasus, orang-orang seperti ini mungkin pernah berpindah-pindah partai, atau lebih dikenal sebagai non partisan, karena mereka ingin bernaung di partai yang mengakomodasi misi mereka. Kalau partainya tidak lagi mendukung misi dan prinsipnya, mereka bisa saja cabut.
  4. Saya akan nyoblos nama yang menurut saya punya kans untuk menang. Walaupun saya tergoda untuk coba-coba gambling dengan nyoblos kandidat yang fresh, muda dan belum diracuni sistem politik kita yang acakadut ini, saya realis – kalau mereka tidak dapat kursi, vote saya “terbuang” percuma atau dialihkan oleh petinggi-petinggi partai untuk memasukkan jagoan mereka, yang hampir pasti adalah “loyalis partai” (see point #2 dan #3).
  5. Tentunya saya ingin kandidat yang bersih dari KKN, berpendidikan, punya visi yang jelas, komunikator yang handal, bisa dibanggakan di level nasional/internasional, tapi tetap hands-on dan merakyat. I know, I know … needle in a haystack, dan sangat susah cari tahunya🙂 but that’s why I start researching now!

Kalau ada yang mau ngasi bocoran tentang sepak terjang Caleg u/ Dapil Luar Negeri (DKI Jakarta II / Jakarta Pusat dan Selatan), monggo komen di sini!🙂

Leave a Reply

