Catatan Penting untuk Relawan PPS (TPS)

Kemarin saya ikut jadi relawan di Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) Singapura. It was a fun day, ada sekitar dua belas ribu WNI yang datang, mulai dari yang pake tas kresek sampe tas Hermes, oma opa yang didorong di kursi roda, yang mahasiswa, yang TKI, sampai anak-anak muda dual citizen yang gayanya mirip Cinta Laura.

Anyhow, saya agak-agak menyesal karena camera phone saya sudah kehabisan batere sebelum TPS tutup, sehingga saya tidak bisa memotret beberapa hal sebagai barang bukti kalau sampai nanti ada irregularities. Tapi saya melihat banyaknya precaution yang diambil KBRI Singapura untuk mencegah kecurangan, mulai dari merusak semua surat suara sisa sampai menyimpan semua stationeries sisa di basement yang dilengkapi CCTV, dan karenanya saya tidak khawatir untuk suara Singapura.

Tapi dari pengalaman saya hari Minggu kemarin, ada beberapa catatan yang ingin saya share kepada para relawan dan pemilih yang baru akan ke TPS tanggal 9 April:

1. Untuk petugas TPS: jangan tandatangani surat suara in advance. Tunjukkan kepada pemilih bahwa surat suaranya bersih, tidak ada coblosan/coretan. Baru setelah itu tandatangani surat suara di depan si pemilih. Ini untuk menghindari surat suara yang sudah ditandatangani tercecer dan disalahgunakan. Ini catatan penting untuk pemilih juga … minta supaya surat suaranya dibuka di hadapan anda sebelum ditandatangani dan anda pakai.

2. Kalau ketua TPS dibuatkan stempel nama dan tanda tangan u/ dibubuhkan di surat suara: setelah TPS ditutup, hancurkan stempel ini di hadapan saksi atau orang lain supaya stempel anda ini tidak disalahgunakan orang lain untuk mensahkan surat suara yang belum terpakai

3. Pastikan setiap pemilih tidak membawa tas, handphone dan bolpen ke dalam bilik suara. Di TPS kami ada beberapa yang masih kecolongan membawa bolpen dan menyontreng partai/caleg pilihannya. Contrengan membuat surat suara TIDAK SAH. Untung ada yang melihat, lalu kami rusak surat suaranya dan meminta ybs. memilih lagi dengan cara menyoblos.

4. SANGAT PENTING: Kalau ada surat suara lebih ketika TPS tutup, pastikan anda merusak semua surat suara yang tersisa. Every single one of them! Saya kemarin mendapat lebih dari 2.000 surat suara, yang terpakai tidak sampai 400. Di Singapura kami diinstruksikan untuk merusak (menyilang depan belakang) satu persatu surat suara yang tidak terpakai supaya tidak disalahgunakan. Kalau anda diinstruksikan untuk mengumpulkan surat suara yang tidak terpakai lalu surat itu TIDAK dirusak / dihancurkan di hadapan anda, anda harus protes dan laporkan ini ke Panwaslu dan saksi. Jangan lupa ambil foto surat-surat suara yang disuruh disimpan itu untuk barang bukti

5. Setelah TPS tutup, foto semua bilik suara, terutama styrofoam yg digunakan sebagai alas untuk mencoblos. Posisi bekas coblosan ini memberikan indikasi partai / caleg mana yang banyak dicoblos warga: kanan atau kiri karena cara yang paling umum untuk menyoblos adalah membentang surat suara di atas alas sebelum kertasnya dicoblos. Memang tidak memberikan kepastian partai mana yang banyak dicoblos, tapi at least kalau kita lihat di foto bahwa coblosannya jauh lebih banyak di kanan tetap ketika di-rekap kok suara untuk partai yang posisinya di sebelah kiri (mis: partai nomor 1, 5, 9) jauh lebih banyak … it can be an indication of fraud. Memang tidak bisa dipastikan coblosan2 di kanan itu untuk partai nomor 4, 8 atau 15. Tapi at least ini bisa dilaporkan dan ditelaah lebih lanjut.

6. Setelah anda selesai berhitung dan berita acara penghitungan suara sudah selesai, foto berita acara anda dan -kalau mau- post ini di Instagram atau Facebook sehingga anda punya bukti bahwa hasil akhir di TPS anda sekian. Kalau misalnya nanti hasilnya beda setelah semua laporan diserahkan ke KPU, anda punya bukti yang bisa diakses oleh publik bahwa hasil awalnya tidak demikian.

7. Kalau TPS anda outdoor, pastikan anda banyak minum air dan cukup makan. Ketua TPS saya pusing sampai harus minum obat karena kepanasan dan kurang minum. Di TPS sebelah, satu ibu muntah karena kepanasan. Kami bertugas di TPS dari jam 6 pagi sampai 8 malam – it’s a long day. So take care of yourself.

Selamat bertugas, petugas PPS. I hope you have some fun on the day just like I did!🙂

 

2 thoughts on “Catatan Penting untuk Relawan PPS (TPS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s